Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Sifat-sifat Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Kuwayuhan Tahun Ajaran 2016/2017

tri setiadi, ilhami (2017) Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Sifat-sifat Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Kuwayuhan Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, sebelas maret university.

[img] PDF - Published Version
Download (821Kb)

    Abstract

    Ilhami Tri Setiadi. Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Sifat-sifat Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Kuwayuhan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2017. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendiskripsikan penerapan pendekatan saintifik dengan media benda konkret, (2) meningkatkan pembelajaran Matematika tentang sifat-sifat bangun ruang melalui pendekatan saintifik dengan media benda konkret, (3) mendiskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan media benda konkret tentang sifat-sifat bangun ruang dalam peningkatan pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SDN 4 Kuwayuhan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 4 Kuwayuhan tahun ajaran 2016/2017. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V, guru, siswa, dan dokumen. Validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SDN 4 Kuwayuhan Tahun Ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa, yaitu pada pra tindakan yang mencapai KKM (≥75) 3,57% dengan rata-rata 51,18, siklus I 67,86% dengan rata-rata 78,50 dan siklus II 92,86% dengan rata-rata 89,88, (2) kendala yang dihadapi dalam penerapan pendekatan saintifik dengan media benda konkret dalam peningkatan pembelajaran Matematika siswa kelas V SDN 4 Kuwayuhan Tahun Ajaran 2016/2017 yaitu: (a) siswa gaduh dan kurang memper-hatikan apa yang disampaikan guru; (b) siswa masih kurang responsif terhadap pertanyaan yang diajukan; (c) hanya beberapa siswa saja yang bersedia mengajukan pertanyaan dan menanggapi pertanyaan, (d) siswa masih kurang aktif dalam kegiatan mencoba, dan (e) siswa merasa malu untuk menanyakan hal yang belum jelas pada guru ketika proses diskusi berlangsung.. Solusinya yaitu: (a) guru lebih jeli mem-perhatikan siswa secara keseluruhan, kondisikan siswa agar tertib terlebih dahulu. (b) guru mengarahkan dan memberikan motivasi pada siswa agar ikut mengkomu-nikasikan hasil diskusinya sehingga pembelajaran lebih komunikatif; (c) guru meng-arahkan dan memberikan motivasi pada siswa agar ikut berpartisipasi dalam kegiatan tanya jawab; (d) guru memberikan dorongan pada siswa untuk dapat ber-tukar informasi dalam kegiatan mencoba; dan (e) guru memberikan pengertian pada siswa supaya siswa lebih percaya diri dan tidak ragu untuk mengajukan pertanyaan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan media benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas V SDN 4 Kuwayuhan Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: pendekatan saintifik, media benda konkret, pembelajaran Matematika Ilhami Tri Setiadi. The Use of Scientific Approach using Concrete Media in Improving the Study of Mathematics about the Characteristics of Geometry for Fourth Grade Students of SD Negeri 4 Kawayuhan in the Academic Year of 2016/2017. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta, April 2017. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of scientific approach using concrete media, (2) to improve the study of mathematics about the characteristics of geometry using concrete media, (3) to describe problems and solutions on the use of scientific approach using concrete media in improving the study of Mathematics about the characteristics of geometry for fourth grade students of SD Negeri 4 Kawayuhan in the academic year of 2016/2017. This research is a collaborative classroom action research (CAR) conducted in two cycles. Each cycle consisted of four stages, namely; planning, conducting, observing, and reflecting. Techniques of collecting data were non-test (observation and interview) and test. Subjects of this research were teacher and fourth grade students of SD Negeri 4 Kawayuhan in the academic year of 2016/2017. Sources of the data were students, teacher, and documents. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources, triangulation of technique, and content validation. Data were analyzed using quantitative analysis including data reduction, data presenting, and drawing conclusion. The results of this research show that: (1) the use of scientific approach using concrete media Matematika media in improving the study of Mathematics about the characteristics of geometry for fourth grade students of SD Negeri 4 Kawayuhan in the academic year of 2016/2017 was proven by It was proven by the increase number of students completeness percentage, in the pre-cycle KKM (≥75) 3,57% with the average of 51,18, cycle I 67,86% with the average of 78,50 and cycle II 92,86% with the average of 89,88, (2) Problems encountered were : (a) students were too noisy and paying no attention; (b) students were less-responsive to question given; (c) there were limited number of students that paying attention, (d) students were less-active in trying, and (e) students felt in shame to ask question during the discussion. The solutions were: (a) teacher should be more observant in creating good condition of learning. (b) teacher gives direction and motivation so that students would be more participative in the lesson; (c) teacher gives direction and motivation so that students would be more participative in the question and answer session; (d) teacher encourages students in trying session; and (e) teacher gives understanding to students to be more active and participative. The conclusion of this research is the use of scientific approach using concrete media can improve the study of mathematics about about the characteristics of geometry for fourth grade students of SD Negeri 4 Kawayuhan in the academic year of 2016/2017. Keywords: scientific approach, concrete media, mathematics

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 25 Dec 2017 22:16
    Last Modified: 25 Dec 2017 22:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37939

    Actions (login required)

    View Item