UPAYA PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MODUL PADA PEMBELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

himmatussolihah, (2017) UPAYA PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MODUL PADA PEMBELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, sebelas maret university.

[img] PDF - Published Version
Download (852Kb)

    Abstract

    Himmatussolihah. “UPAYA PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MODUL PADA PEMBELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) rasa ingin tahu siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul pada pembelajaran kimia pokok bahasan larutan penyangga kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016; (2) prestasi belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul pada pembelajaran kimia pokok bahasan larutan penyangga kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data penelitian ini adalah guru, siswa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, angket, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran kimia pokok bahasan larutan penyangga kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016; (2) metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran kimia pokok bahasan larutan penyangga kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: penelitian tindakan kelas, team assisted individualization, modul, larutan penyangga, rasa ingin tahu, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 25 Dec 2017 22:07
    Last Modified: 25 Dec 2017 22:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37936

    Actions (login required)

    View Item