PENERAPAN MODEL ROUND TABLE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOMULYO TAHUN AJARAN 2016/2017

fauziah, syifa (2017) PENERAPAN MODEL ROUND TABLE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOMULYO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, sebelas maret university.

[img] PDF - Published Version
Download (948Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Syifa Fauziah. PENERAPAN MODEL ROUND TABLE DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOMULYO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Round Table dengan media gambar seri; (2) meningkatkan keterampilan menulis cerita; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Round Table dengan media gambar seri dalam peningkatan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas III SD Negeri Sidomulyo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas dilakukan secara kolaboratif dalam tiga siklus dengan enam kali pertemuan yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sidomulyo yang berjumlah 20 siswa. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes (observasi dan wawancara). Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan langkah-langkah model Round Table dengan media gambar seri yang dilakukan yaitu: (a) persiapan; (b) pembagian kelompok (secara heterogen); (c) penyampaian materi dan pembagian tugas; (d) mendiskusikan kerangka cerita; (e) menuliskan cerita individu; (f) presentasi; dan (g) tindak lanjut; (2) penerapan model Round Table dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas III SD Negeri Sidomulyo tahun ajaran 2016/2017 dengan hasil tes menulis cerita siswa pada siklus I persentase ketuntasan siswa 55%, meningkat pada siklus II menjadi 87%, dan pada siklus III mencapai 95%; (3) kendala yang dihadapi dalam penerapan model Round Table dengan media gambar seri pada siswa kelas III SD Negeri Sidomulyo tahun ajaran 2016/2017 yaitu (a) langkah diskusi yang terlaksana kurang maksimal; (b) terbatasnya kosakata dan pengetahuan EYD yang dimiliki siswa; dan (c) siswa kurang berani menyampaikan pendapat. Solusi yang digunakan terhadap kendala adalah (a) guru membimbing siswa secara lebih maksimal dalam berdiskusi; (b) memberikan bimbingan untuk memperbanyak membaca buku dan pemberian lebih mendalam tentang materi EYD; dan (c) memberikan motivasi berupa penghargaan bagi siswa yang aktif. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Round Table dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas III SD Negeri Sidomulyo tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: round table, gambar seri, keterampilan menulis cerita ABSTRACT Syifa Fauziah. THE USE OF ROUND TABLE MODEL USING SERIAL PICTURE MEDIA IN IMPROVING WRITING-STORY SKILL FOR THE THIRD GRADE STUDENTS OF SD NEGERI SIDOMULYO IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017.Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. May 2017. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of round table model using serial picture media; (2) to improve writing-story skill; (3) to describe problems and solutions on the use of round table model using serial picture media in improving writing-story skill for the third grade students of SD Negeri Sidomulyo in the academic year of 2016/2017. This research is a six-meeting collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 20 students of the third grade of SD Negeri Sidomulyo. Sources of data were derived from students, teacher, and observer. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation and interview. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptiveanalysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that: (1) the steps on the use of round table model using serial picture media, namely: (a) preparing; (b) forming groups (heterogenic); (c) delivering material and task-sharing; (d) discussing the framework; (e) writing down individual story; (f) presenting ; and (g) following up; (2) the use of round table model using serial picture media can improve writing-story skill for the third grade students of SD Negeri Sidomulyo in the academic year of 2016/2017. It was proven by the increase of writing outcomes in the first cycle 55 %, in the second cycle 87 %, and in the third cycle 95 %; (3) the problems encountered in the learning, namely : (a) non-maximum discussion steps; (b) limited number of vocabularies and EYD of Students; and (c) students felt shame to deliver material. Solutions for these problems, namely: (a) teacher guides students during discussion; (b)giving students guidance to read more about EYD and enriching vocabulary; and (c) giving motivation to active students by rewarding. The conclusion of this research is the use of round table model using serial picture media can improve writing-story skill for the third grade students of SD Negeri Sidomulyo in the academic year of 2016/2017. Keywords: round table, serial picture, writing-story skill

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 25 Dec 2017 21:34
    Last Modified: 25 Dec 2017 21:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37925

    Actions (login required)

    View Item