ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNTUNGAN COFFEE SHOPDI SURAKARTA

APP, Dhaneswara (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNTUNGAN COFFEE SHOPDI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1242Kb)

    Abstract

    Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh modal, jumlah tenaga kerja, jam kerja, fasilitas dan promosi terhadap keuntungan coffee shopdi Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei dengan kuesioner. Penelitian ini mengambil seluruh populasi coffee shop di Surakarta yaitu berjumlah 21 coffee shop. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda dan uji statistik. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel independen yaitu jumlah tenaga kerja dan fasilitas mempunyai pengaruh yang signifikan positif pada tingkat keyakinan 95% terhadap besarnya keuntungan coffee shopdi Surakarta. Sedangkan variabel independen modal, jam kerja dan promosi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Berdasar analisis diperoleh koefisien determinasi R 2 sebesar 0,795834, hal ini berarti bahwa 79,58% variasi perubahan yang terjadi terhadap besarnya keuntungan coffee shop dipengaruhi oleh semua variabel independen sedangkan 20,48% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar model. Berdasarkan hasil uji F hitung > F tabel semua variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen pada tingkat signifikansi 5%. Guna meningkatkan besarnya keuntungan, para pemilik coffee shopharus mempunyai jumlah tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus berkualitas. Sehingga para konsumen dapat terlayani dengan baik. Selain itu juga memberi fasilitas yang membuat para konsumen nyaman berada disitu. Pemberian fasilitas yang banyak dan lain daripada yang lain akan membuat konsumen tertarik. Selain itu juga didukung dengan program-program pemerintah kota Surakarta yang sedang menggalakkan Solo sebagai daerah tujuan wisata diharapkan mampu meningkatkan keuntungan coffee shopdi Surakarta. Kata kunci : Coffee shop di Surakarta, Usaha Kecil dan Menengah, Ordinary Least Square.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 14 Jul 2013 18:10
    Last Modified: 14 Jul 2013 18:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3791

    Actions (login required)

    View Item