Implementasi ISO 9001:2008 Terhadap Ketidaksesuaian Permintaan Buyer di PT. Dan Liris

Rosanda, Pancar (2017) Implementasi ISO 9001:2008 Terhadap Ketidaksesuaian Permintaan Buyer di PT. Dan Liris. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (202Kb)

    Abstract

    Permintaan Buyer di PT. Dan Liris PANCAR ROSANDA F3114057 Perusahaan manufaktur yang bergerak pada produksi pakaian atau biasa disebut dengan garmen harus selalu mengutamakan kualitas dari produk yang berasal dari permintaan buyer. Permintaan yang sudah dipenuhi maka dapat menimbulkan permasalahan mengenai ketidak sesuaian standar yang digunakan perusahaan dalam memproduksi garmen dengan standar yang diberikan buyer pada suatu produk. PT. Dan Liris merupakan perusahaan manufaktur yang menerapkan order dengan permintaan buyer dengan berdasarkan ISO yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penyelesaian masalah ketidaksesuaian permintaan buyer dengan acuan ISO 9001:2008. Metode penelitian menggunakan desain deskriptif dengan menggambarkan situasi dan menafsirkan informasi yang diperoleh. Data yang digunakan adalah dara primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara di PT. Dan Liris, sedangkan data sekunder dari buku. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa PT. Dan Liris dalam menangani masalah ketidaksesuaian permintaan buyer menggunakan tiga solusi,yaitu letter of guarantee, pemberian diskon, penunjukan pihak ketiga yang disetujui buyer dan perusahaan guna memperbaiki kondisi barang. Melalui penelitian ini dapat diidentifikasi solusi dalam menangani ketidaksesuaian permintaan buyer sudah sesuai dengan penerapan dan isi dari ISO 9001:2008 Keywords : Garmen, Kualitas, Standar, ISO 9001:2008 ABSTRAKSI Implementasi ISO 9001:2008 Terhadap Ketidaksesuaian Permintaan Buyer di PT. Dan Liris PANCAR ROSANDA F3114057 Perusahaan manufaktur yang bergerak pada produksi pakaian atau biasa disebut dengan garmen harus selalu mengutamakan kualitas dari produk yang berasal dari permintaan buyer. Permintaan yang sudah dipenuhi maka dapat menimbulkan permasalahan mengenai ketidak sesuaian standar yang digunakan perusahaan dalam memproduksi garmen dengan standar yang diberikan buyer pada suatu produk. PT. Dan Liris merupakan perusahaan manufaktur yang menerapkan order dengan permintaan buyer dengan berdasarkan ISO yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penyelesaian masalah ketidaksesuaian permintaan buyer dengan acuan ISO 9001:2008. Metode penelitian menggunakan desain deskriptif dengan menggambarkan situasi dan menafsirkan informasi yang diperoleh. Data yang digunakan adalah dara primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara di PT. Dan Liris, sedangkan data sekunder dari buku. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa PT. Dan Liris dalam menangani masalah ketidaksesuaian permintaan buyer menggunakan tiga solusi,yaitu letter of guarantee, pemberian diskon, penunjukan pihak ketiga yang disetujui buyer dan perusahaan guna memperbaiki kondisi barang. Melalui penelitian ini dapat diidentifikasi solusi dalam menangani ketidaksesuaian permintaan buyer sudah sesuai dengan penerapan dan isi dari ISO 9001:2008 Keywords : Garmen, Kualitas, Standar, ISO 9001:2008

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 25 Dec 2017 11:38
    Last Modified: 25 Dec 2017 11:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37902

    Actions (login required)

    View Item