PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGUATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMA

Syamsiyah, Nurul (2017) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGUATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1091Kb)

    Abstract

    Penelitian bertujuan mengetahui karakteristik, kelayakan dan keefektifan perangkat Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan untuk menguatkan literasi lingkungan siswa SMA. Literasi lingkungan terdiri dari aspek knowledge, attitude dan concern. Penelitian dilakukan menggunakan metode Research and Development yang mengadaptasi model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian terbatas pada tahap pengembangan (develop). Teknik pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa SMAN 1 Surakarta yang telah menerima materi lingkungan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif meliputi analisis data untuk perangkat SSP, analisis data angket literasi lingkungan, analisis hasil wawancara, uji homogenitas, uji normalitas dan Non-Paired Sample T-Test. Analisis data dibantu dengan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat SSP berbasis PBL memiliki karakteristik berdasarkan tahapan-tahapan dari PBL yaitu meeting the problem; problem analyzing; discovery and reporting; solution, presentation, and reflection; overview, integration and evaluation dan indikator tambahan dimensi anti-anthropocentrism yang melengkapi 5 dimensi New Ecological Paradigm (NEP) dalam indikator pencapaian kompetensi di sekolah; (2) Perangkat SSP berbasis PBL melalui uji validitas, uji coba terbatas dan uji subjek penelitian menunjukkan perangkat termasuk kategori sangat layak; (3) Perangkat SSP berbasis PBL dengan menggunakan uji non-paired sample t-test memiliki hasil signifikansi pada aspek knowledge, attitude dan concern adalah 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. H0 ditolak menunjukkan adanya perbedaan keefektifan pada data awal dan data akhir. Hasil penelitian ini dapat menguatkan literasi lingkungan siswa SMA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 25 Dec 2017 11:32
    Last Modified: 25 Dec 2017 11:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37900

    Actions (login required)

    View Item