Penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dilengkapi dengan macromedia flash untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas X SMA N Kebakkramat tahun pelajaran 2015/2016

S H, Noviana Putri (2017) Penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dilengkapi dengan macromedia flash untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas X SMA N Kebakkramat tahun pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (983Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Iindividualization (TAI) dilengkapi Macromedia Flash pada materi hidrokarbon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data adalah siswa, guru dan kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X-1 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Pada siklus I, ketercapaian aktivitas belajar siswa sebesar 54,05% dan meningkat menjadi 83,79% pada siklus II. 2) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X-1 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Dalam hal ini, prestasi belajar siswa meliputi ketuntasan aspek kognitif dan afektif. Berdasarkan hasil tes siklus I persentase ketuntasan aspek kognitif adalah 51,35% dan meningkat menjadi 75,68% di siklus II. Aspek afektif siswa persentase capaian pada siklus I adalah 86,48% dan meningkat menjadi 91,89% pada siklus II. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Team Assisted Individualization (TAI), Prestasi Belajar, Aktivitas, Macromedia Flash, Hidrokarbon

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 25 Dec 2017 10:17
    Last Modified: 25 Dec 2017 10:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37888

    Actions (login required)

    View Item