Study Perbandingan Penggunaan Panel Surya dengan Turbin Angin sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif di Kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta

MUIN, HAZIS (2017) Study Perbandingan Penggunaan Panel Surya dengan Turbin Angin sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif di Kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (563Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Hazis Muin. K2513027. STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN PANEL SURYA DENGAN TURBIN ANGIN SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK ALTERNATIF DI KAMPUS UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juli 2017. Matahari dan angin adalah sumber energi potensial yang belum banyak dimanfaatkan. Energi kinetik dari angin dan energi panas matahari dapat dikonversi menjadi sumber energi listrik. Kedua sumber energi tersebut selain tidak polutif juga tersedia dalam jumlah tak terbatas. Penelitian eksperimen ini mempelajari pengaruh sudut kemiringan panel surya untuk mengetahui sudut yang paling optimal dan kelayakan antara panel surya dengan turbin angin di wilayah Kampus V UNS. Variasi sudut yang digunakan dalam penelitian ini adalah sudut 18o; 24o; 30o; dan 36o. Pengukuran dilakukan dengan mengukur arus listrik dan tegangan listrik yang dihasilkan pada panel surya serta mengukur kecepatan angin sebagai pembanding untuk mengetahui daya listrik yang dihasilkan pada turbin angin. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kampus V UNS Pabelan selama 30 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudut kemiringan pada panel surya berpengaruh terhadap daya yang dihasilkan. Daya tertinggi yang dihasilkan adalah 41,1 Watt pada intensitas cahaya matahari sebesar 120000 lux pada sudut kemiringan panel surya 24o sedangkan pada sudut kemiringan panel surya 18o, 30o dan, 36o berturut-turut adalah 37,4; 39,7; dan 38,6 Watt. Penelitian ini menyatakan bahwa panel surya menghasilkan daya listrik yang lebih efektif dan optimal dibandingkan turbin angin. Rata-rata daya listrik tertinggi selama 30 hari yang dihasilkan panel surya sebesar 40,19 Watt pada pukul 11.20 WIB sedangkan turbin angin menghasilkan daya listrik tertinggi sebesar 7,88 Watt pada pukul 15.40 WIB. Kata Kunci : Daya listrik, panel surya, turbin angin.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 24 Dec 2017 18:17
    Last Modified: 24 Dec 2017 18:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37874

    Actions (login required)

    View Item