PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KONSEP KERUSAKAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI LIVING VALUE

HARTANTO, HARUN (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KONSEP KERUSAKAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI LIVING VALUE. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (925Kb)

    Abstract

    Harun Hartanto. NIM S821408002. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Instuction dan Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Kerusakan Lingkungan ditinjau dari Living Value Eksperiman pada Siswa Kelas X SMAN 2 Sragen Tahun pelajaran 2015/2016. TESIS. Program Studi Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Instruction dan Group Investigation terhadap pemahaman konsep kerusakan lingkungan pada siswa SMAN 2 Sragen. (2) Pengaruh living value tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep kerusakan lingkungan pada siswa SMAN 2 Sragen. (3) Pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Instruction dan Group Investigation terhadap living value. (4) Interaksi antara model pembelajaran Problem Based Instruction dan Group Investigation terhadap living value. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode experiment semu (Quasi Eksperimental Research) yang melibatkan dua kelompok, yaitu: 1. Kelompok eksperimen dan 1 kelompok kontrol. Kedua kelompok diasumsikan sama dalam hal segi dan hanya berbeda dalam pendekatan pembelajarannya. Pada kelompok eksperimen menggunakan metode pembelajaran Problem Based Instruction dan Group Investigation sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh pendekatan pembelajaran Problem Based Instruction dan Group Investigation terhadap pemahaman konsep kerusakan lingkungan pada siswa SMA Negeri 2 Sragen. (2) Ada pengaruh living value tinggi dan living value rendah terhadap pemahaman konsep kerusakan lingkungan pada siswa SMA Negeri 2 Sragen. (3) Ada pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Instruction dan Group Investigation terhadap living value. (4) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran Problem Based Instruction dan Group Investigation terhadap living value. Hasil pengujian menggunakan Anova diperoleh nilai F-hitung pada aspek interaksi antara merode pembelajaran dengan Living Value (yaitu faktor AxB) sebesar 0.131 dengan nilai probabilitas sebesar 0.877. Nilai probabilitas lebih dari 0.05 yang berarti tidak ada faktor interaksi antara metode pembelajaran dan Living Value terhadap pemahaman materi konsep kerusakan lingkungan. Kata Kunci: Problem Based Instuction dan Group Investigation, Pemahaman Konsep Kerusakan Lingkungan, Living Value

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 24 Dec 2017 18:12
    Last Modified: 24 Dec 2017 18:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37872

    Actions (login required)

    View Item