Pengaruh Pembelajaran Saintifik dan Studnet Center Learning (SCL) dalam Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas SMA N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017

TRI P , GINANJAR (2017) Pengaruh Pembelajaran Saintifik dan Studnet Center Learning (SCL) dalam Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas SMA N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1208Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ginanjar Tri Prasetyo. K7413069. Pengaruh Pembelajaran Saintifik dan Studnet Center Learning (SCL) dalam Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas SMA N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 2 Boyolali (2) Mengetahui pengaruh pembelajaran student center learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 2 Boyolali (3) Mengetahui pengaruh pembelajaran saintifik dan student center learning secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 2 Boyolali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Boyolali yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket atau kuisoner, dokumen dan diperkuat dengan wawancara siswa. Hasil validitas pada angket variabel saintifik adalah 17 dari 20 pernyataan. Hasil validitas pada angket variabel SCL adalah 17 dari 20. Hasil nilai reliabilitas dari keseluruhan pernyataan yaitu sebesar 0,7/ tinggi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 2 Boyolali. Hal tersebut didukung dari hasil uji t yang diperoleh yaitu nilai t hitung > t tabel (2,747 > 1,668). (2) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran student center learning (SCL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 2 Boyolali. Hal tersebut didukung dari hasil uji t yang diperoleh yaitu nilai t hitung > t tabel (7,244 > 1,668). (3) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran saintifik dan student center learning (SCL) secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 2 Boyolali. Hasil uji f diperoleh nilai probabilitas (0,000) uji tersebut jauh lebih kecil dibandingkan dengan 0,10. (4) Sumbangan efektif variabel saintifik dan SCL adalah 12,73% dan 47,16%. Kata Kunci: Saintifik, Student Center Learning (SCL), Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 24 Dec 2017 18:08
    Last Modified: 24 Dec 2017 18:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37871

    Actions (login required)

    View Item