Pengaruh Jarak Tabung Sinar-X dengan Film terhadap Kesesuaian Berkas Radiasi pada Pesawat X-Ray Simulator di Instalasi Radioterapi RSUD Dr. Moewardi Surakarta

Fitriyani, Feni (2017) Pengaruh Jarak Tabung Sinar-X dengan Film terhadap Kesesuaian Berkas Radiasi pada Pesawat X-Ray Simulator di Instalasi Radioterapi RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (783Kb)

    Abstract

    Uji kesesuaian berkas sinar-X telah dilakukan pada pesawat X-ray simulator menggunakan metode beam alignment test tool dan collimator test tool. Penelitian ini bertujuan menentukan penyimpangan titik pusat berkas sinar-X dan penyimpangan kesejajaran berkas pada variasi ketinggian tabung dan variasi Focus Film Distance. Pengolahan citra hasil uji dilakukan dengan dua teknik, yaitu pengukuran dengan dan tanpa menggunakan GUI MATLAB. Hasil dari kedua teknik pengolahan tersebut dibandingkan. Batas toleransi maksimum yang diperbolehkan oleh Keputusan Menteri Kesehatan No. 1250 tahun 2009 untuk beam alignment test tool adalah ≤ 3 , sedangkan hasil penyimpangan titik pusat berkas radiasi terbesar adalah 0,21° dan untuk collimator test tool yaitu X1+X2+Y1+Y2 ≤ 3% FFD. Hasil yang diperoleh yaitu penyimpangan berkas sinar-X terbesar 1,19% tanpa menggunakan MATLAB dan 0,94% dengan menggunakan MATLAB. Kedua hasil tersebut masih berada di bawah batas toleransi dan penggunaan GUI MATLAB berpengaruh pada kualitas citra yang memudahkan dalam pengukuran serta menganalisis penyimpangan berkas yang terdapat pada radiograf.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 24 Dec 2017 18:01
    Last Modified: 24 Dec 2017 18:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37869

    Actions (login required)

    View Item