ANALISIS PEMBELAJARAN IPS PADA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SMP SASARAN KURIKULUM 2013 KABUPATEN PURWOREJO ( SMP NEGERI 17 PURWOREJO

Ayuningtyas, Elsa (2017) ANALISIS PEMBELAJARAN IPS PADA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SMP SASARAN KURIKULUM 2013 KABUPATEN PURWOREJO ( SMP NEGERI 17 PURWOREJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (791Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Elsa Ayuningtyas, ANALISIS PEMBELAJARAN IPS PADA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SMP SASARAN KURIKULUM 2013 KABUPATEN PURWOREJO (SMP NEGERI 17 PURWOREJO), Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perencanaan Pembelajaran IPS kelas VIII TahunPelajaran 2016/2017 di SMP SasaranKurikulum 2013 Kabupaten Purworejo SMP Negeri 17 Purworejo, (2) Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran IPS kelas VIII Tahun Pelajaran 2016/2017 di SMP Sasaran Kurikulum 2013 Kabupaten Purworejo SMP Negeri 17 Purworejo, (3) Proses Penilaian dan Hasil Belajar Pembelajaran IPS Kurikulum 2013 SMP Negeri 17 Purworejo. Bentuk penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini digunakan studi kasus terpancang tunggal. Sumber data yang digunakan adalah sumber benda, tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Dalam penelitian ini, untuk mencari validitas data digunakan dua teknik trianggulasi yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, yaitu proses analisis yang bergerak di antara empat komponen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan, yang berlangsung secara siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pelaksanaan Perencanaan Pembelajaran IPS di SMP Negeri 17 Purworejo sudah berjalan dengan baik. Guru IPS sudah menyusun RPP dan Silabus sebelum pembelajaran berlangsung di awal semester sebagai pedoman pembelajaran serta pelengkap administrasi. (2) Pelaksanaan Pembelajaran IPS dengan pendekatan Saintifik sudah dilaksanakan tetapi belum maksimal, Guru IPS menggunakan model pembelajaran dengan Kurikulum 2013. (3) Penilaian proses dan hasil belajar dalam Kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik, Guru IPS sudah menilai proses maupun hasil belajar siswa dijalankan secara berkelanjutan. Kata kunci :analisis, Pembelajaran IPS, Kurikulum 2013

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 24 Dec 2017 17:26
    Last Modified: 24 Dec 2017 17:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37863

    Actions (login required)

    View Item