PENGARUH PENGGUNAAN BERBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANATOMI DI PRODI DIII KEBIDANAN STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN

NURAFIFAH, DIAN (2010) PENGARUH PENGGUNAAN BERBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANATOMI DI PRODI DIII KEBIDANAN STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (275Kb)

    Abstract

    Dian Nurafifah, S540209209. 2010. Pengaruh Penggunaan Berbagai Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi di Prodi DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Lamongan. Tesis Program Magister Kedokteran Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah terdapat factor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa yaitu diantaranya media pembelajaran. Media pembelajaran akan mempengaruhi perhatian (Attention), Relevansi (Relevance), Percaya diri (Confidence), dan Kepuasan (Satisfaction) mahasiswa sehingga menimbulkan motivasi yang berbeda dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan berbagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi di Prodi DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Lamongan. Desain dalam penelitian ini adalah quasy experiment. Sampel dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa prodi DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Lamongan Tingkat I yang berjumlah 158 mahasiswa. Teknik sampling menggunakan total sampling. Variabel independen yang diteliti adalah penggunaan berbagai media pembelajaran, sedangkan variabel dependen adalah motivasi belajar mahasiswa. Data dianalisis menggunakan uji statistic Krusskal Wall. Dari hasil uji statistic didapatkan nilai H sebesar 27,061 kemudian dibandingkan dengan nilai X 2 tabel dengan derajat kebebasan (df) = 2, yaitu sebesar 5,991. Sehingga H > dari X 2 tabel yang berarti Ho ditolak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penggunaan berbagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi. Disarankan hendaknya dalam proses pembelajaran dosen menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapatmeningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Karena dengan motivasi belajar yang tinggi, akan dapat mempermudah mahasiswa untuk mencapai prestasi belajar yang baik. Kata kunci : media pembelajaran, motivasi belajar

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 14 Jul 2013 18:05
    Last Modified: 14 Jul 2013 18:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3785

    Actions (login required)

    View Item