PEMBUATAN 3D VIRTUAL REALITY : VIRTUAL MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN KLASTER KRIKILAN (STUDI KASUS : KEHIDUPAN HOMO SOLO) MENGGUNAKAN UNITY BERBASIS ANDROID

Pratama, Nahwan Adhiguna (2017) PEMBUATAN 3D VIRTUAL REALITY : VIRTUAL MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN KLASTER KRIKILAN (STUDI KASUS : KEHIDUPAN HOMO SOLO) MENGGUNAKAN UNITY BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (798Kb)

    Abstract

    Museum Purbakala Sangiran merupakan museum arkeologi yang terletak di Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Museum ini berada di area situs fosil purbakala Sangiran, salah satunya fosil Homo Soloensis yang ditemukan di Ngandong, Blora, Sangiran, dan SambungMacan oleh Ter Haar, Oppenoorth, dan Von Koeningswald pada tahun 1931-1933 dari lapisan Pleistosen Atas. Oleh karena itu dibuatlah aplikasi Virtual Reality Museum Purbakala Sangiran Klaster Krikilan (Studi Kasus : Kehidupan Homo Solo) berbasis android dengan menggunakan Unity sebagai tools dalam mengembangkan aplikasi ini. Aplikasi ini bertujuan menampilkan kehidupan manusia purba di masa lampau agar masyarakat dapat mengetahui perbedaan antara kehidupan zaman purba dengan sekarang. Konten Aplikasi Virtual Reality ini ialah berupa gambaran visual tentang kehidupan Homo Soloensis 900.000 tahun yang lalu. Aplikasi Virtual Reality Museum Purbakala Sangiran Klaster Krikilan (Studi Kasus : Kehidupan Homo Solo) yang telah dipublikasi merupakan file dengan ekstensi .apk yang memiliki ukuran 80 MB. Aplikasi ini dapat dijalankan secara optimal dengan spesifikasi perangkat minimum Prosessor QuadCore Max 1.4 Ghz, RAM 2 GB, dan GPU Adreno 308 serta memiliki sensor gyroscope. Kata Kunci : Android, Museum Purbakala Sangiran, Unity, Virtual Reality, Homo Soloensis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 22 Dec 2017 16:53
    Last Modified: 22 Dec 2017 16:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37841

    Actions (login required)

    View Item