Penggunaan Media Activinspire Flipchart dalam Meningkatkan Keterampilan Mengomunikasikan Hasil Diskusi pada Siswa Kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2016 / 2017

Al-Khansa, Nadhifa Zahra (2017) Penggunaan Media Activinspire Flipchart dalam Meningkatkan Keterampilan Mengomunikasikan Hasil Diskusi pada Siswa Kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2016 / 2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (637Kb)

    Abstract

    Nadhifa Zahra Al-Khansa. PENGGUNAAN MEDIA ACTIVINSPIRE FLIPCHART DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN HASIL DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SDIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016 / 2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penggunaan media Activinspire Flipchart dalam meningkatkan keterampilan mengomunikasikan hasil diskusi pada siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2016 / 2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah yang berjumlah 36 peserta didik serta peneliti yang berkolaborasi dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengomunikasikan hasil diskusi dari skor rata-rata keterampilan peserta didik dan ketuntasan klasikal pada setiap siklus. Nilai rata-rata keterampilan peserta didik pada saat prasiklus adalah 56,4, meningkat menjadi 66,7 pada siklus I, meningkat menjadi 73,8 pada saat siklus II dan meningkat menjadi 78 pada siklus III. Persentase ketuntasan klasikal pada prasiklus adalah 29% atau 10 peserta didik, pada siklus I meningkat menjadi 50% atau 17 peserta didik, pada siklus II meningkat menjadi 65% atau 22 siswa dan pada siklus III meningkat menjadi 86% atau 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui media Activinspire Flipchart dapat meningkatkan keterampilan mengomunikasikan hasil diskusi siswa kelas IV SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun ajaran 2016 / 2017.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 22 Dec 2017 16:45
    Last Modified: 22 Dec 2017 16:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37839

    Actions (login required)

    View Item