EVALUASI DAN PENANGANAN KREDIT BERMASALAH DI SEKTOR PERTANIAN PADA PT. BPR EKADHARMA BINARAHARJA PERIODE 2015-2016

Rizal, Muhammad (2017) EVALUASI DAN PENANGANAN KREDIT BERMASALAH DI SEKTOR PERTANIAN PADA PT. BPR EKADHARMA BINARAHARJA PERIODE 2015-2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (560Kb)

    Abstract

    EVALUASI DAN PENANGANAN KREDIT BERMASALAH DI SEKTOR PERTANIAN PADA PT.BPR EKADHARMA BINARAHARJA PERIODE 2015-2016 MUHAMMAD RIZAL F3614071 Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk (1) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kredit bermasalah di sektor pertanian pada PT. BPR EKADHARMA BINARAHARJA, (2) Mengetahui upaya yang dilakukan PT. BPR EKADHARMA BINARAHARJA dalam menangani kredit bermasalah di sektor pertanian, (3) Mengetahui kendala yang dihadapi PT.BPR EKADHARMA BINARAHARJA dalam menangani kredit bermasalah di sektor pertanian. Analisa kredit sendiri memiliki tujuan utama membuat keputusan kredit yang baik dan benar, sehingga terhindar dari keputusan kredit yang keliru sehingga dapat menyebabkan kredit bermasalah. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan data yang berasal dari dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang didapat langsung dari sumbernya melalui pengamatan dan wawancara secara langsung dan hasilnya dicatat sendiri tanpa melalui perantara pihak lainnya. Sedangkan data sekunder merupakan data-data dari perusahaan dan studi kepustakaan yang dijadikan sebagai sumber data. Hasil penulisan tugas akhir ini menunjukkan bahwa (1) Sebelum memberikan kredit kepada calon debitur, terlebih dahulu melakukan analisa kredit menggunakan prinsip 5 C serta menggali informasi calon debitur melalui SID (Sistem Informasi Debitur) dan Bank checking, (2) Faktor yang mempengaruhi munculnya kredit bermasalah adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang bersumber dari dalam perusahaan perbankan, yaitu kurangnya pengawasan dan pembinaan dari pihak bank setelah menyalurkan kredit. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang bersumber dari pihak debitur yang meliputi kegagalan usaha debitur, karakter jelek debitur, alamat debitur pindah, debitur kabur, jaminan debitur di gadaikan ke bank lain, dan debitur meninggal dunia, (3) Penyelesaian kredit bermasalah di PT. BPR EKADHARMA BINARAHARJA menggunakan beberapa cara yaitu: teguran secara lisan dan tulisan, rescheduling, reconditioning, restructuring, penjualan jaminan oleh nasabah, penarikan jaminan, pengajuan sita eksekusi di pengadilan negeri, penghapus bukuan kredit. Kata Kunci : Kredit bermasalah, PT. BPR EKADHARMA BINARAHARJA, Evaluasi dan Penanganan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 22 Dec 2017 15:39
    Last Modified: 22 Dec 2017 15:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37830

    Actions (login required)

    View Item