Kualitas Pelayanan Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta

Haidar, Mohammad (2017) Kualitas Pelayanan Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (539Kb)

    Abstract

    Pelayanan publik telah menjadi isu strategis di negara ini, karena pelayanan publik merupakan hak dasar setiap negara yang harus dipenuhi oleh negara. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini merupakan wujud dari Perangkat Daerah Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu pintu di Kota Surakarta sebagaimana yang tertuang pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan pemberian wewenang mengurus segala jenis perizinan dan non perizinan yang salah satu jenis perizinan yang dapat di urus disini ialah Izin Mendirikan Bangunan. Tujuan Penelitian ini memberikan gambaran tentang kualitas pelayanan penerbitan izin mendirikan bangunan yang diberikan oleh DPMTPSP Kota Surakarta kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian berdasarkan dimensi kualitas pelayanan yang dirumuskan oleh Parasuraman, meliputi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan aksidental sampling. Jenis data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data dengan teknik triangulasi metode. Tenknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan penerbitan izin mendirikan bangunan yang diberikan DPMPTSP Kota Surakarta dalam aspek tangible diperlukan pengembangan ruangan dan penambahan kursi tunggu. Dalam aspek reliability masyarakat mengalami prosedur yang jelas, mudah dan sederhana. Dalam daya tanggap, adanya pembagian tugas dalam pelayanan memberikan kecepatan pelayanan, Dalam hal jaminan, bentuk legalitas yang diberikan yaitu dengan adanya jaminan pembiayaan melalui Surat Keterangan Retribusi Daerah (SKRD). Dalam aspek empati, sikap petugas dalam meberikan perhatian pribadi ramah, sopan dengan pemberian komunikasi yang baik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 22 Dec 2017 14:30
    Last Modified: 22 Dec 2017 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37822

    Actions (login required)

    View Item