UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL PRAKTIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PRACTIC REHEARSAL PAIRS PADA MATA PELAJARAN MESIN BUBUT XI TEKNIK PERMESINAN SMK MURNI 1 SURAKARTA

Zakaria, Mohammad Apri (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL PRAKTIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PRACTIC REHEARSAL PAIRS PADA MATA PELAJARAN MESIN BUBUT XI TEKNIK PERMESINAN SMK MURNI 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (508Kb)

    Abstract

    Mohammad Apri Zakaria. K2513090. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL PRAKTIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS PADA MATA PELAJARAN MESIN BUBUT XI TEKNIK PERMESINAN SMK MURNI SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar dan hasil praktik siswa pada pembelajaran praktik pemesinan kelas XI TP Kelompok A SMK Murni 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran practicee rehearsal pairs (praktik berpasangan). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TP Kelompok A SMK Murni 1 Surakarta yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada tahap pra siklus hasil motivasi belajar siswa adalah 34% meningkat pada siklus I menjadi 71,4% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85,7%. Hal ini menunjukan bahwa persentase hasil motivasi belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan minat belajar siswa yaitu ≥80%. Persentase hasil praktik sebelum tindakan atau tahap pra siklus siswa yang dinyatakan lulus ada 43% siswa, sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan siswa yang dinyatakan lulus atau tuntas sebanyak 64% siswa, dan pada siklus II mengalami peningkatan siswa yang dinyatakan lulus atau tuntas pada siklus II 78,5% dari 14 siswa. Kata kunci : practice rehearsal pairs, Mesin Bubut, Motivasi Belajar, Hasil Praktik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 22 Dec 2017 14:22
    Last Modified: 22 Dec 2017 14:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37821

    Actions (login required)

    View Item