Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sondakan No.11 Tahun Ajaran 2015/2016

Kurniati, Winda (2017) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sondakan No.11 Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (92Kb)

    Abstract

    Winda Kurniati. K7112270. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPEARTIVE SCRIPT UNTUK MENGINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SONDAKAN NO.11 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan tingkat pusat dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas IV SD Negeri Sondakan No.11 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus yang berupa kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sondakan No.11 Surakarta yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SD Negeri Sondakan No.11 Surakarta. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes pemahaman konsep sistem pemerintahan tingkat pusat pada setiap siklusnya. Pada pratindakan nilai rata-rata tes pemahaman konsep sistem pemerintahan tingkat pusat sebesar 66,61 dengan ketuntasan klasikal 29,63% atau sebanyak 8 siswa dari 27 siswa tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata mencapai 68,63 dengan ketuntasan klasikal 44,44% atau sebanyak 12 siswa dari 27 siswa tuntas. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 76,33 dengan ketuntasan klasikal 62,96% atau sebanyak 17 siswa dari 27 siswa tuntas. Pada siklus III, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 80,24 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,89% atau sebanyak 24 siswa dari 27 siswa tuntas. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SD Negeri Sondakan No.11 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : pemahaman konsep, sistem pemerintahan tingkat pusat, model pembelajaran Cooperative Script.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 21 Dec 2017 13:33
    Last Modified: 21 Dec 2017 13:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37787

    Actions (login required)

    View Item