PENGARUH GERAK DASAR PADA PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK TUNA RUNGU DI SLB B/C YAYASAN PEMBINA SEKOLAH LUAR BIASA (YPSLB) KARTASURA TAHUN 2009

Asniarno, Fica (2009) PENGARUH GERAK DASAR PADA PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK TUNA RUNGU DI SLB B/C YAYASAN PEMBINA SEKOLAH LUAR BIASA (YPSLB) KARTASURA TAHUN 2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (552Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan jasmani adaptif terhadap perkembangan motorik anak dengan gangguan pendengaran di SLB B/C Yayasan Pembina Sekolah Luar Biasa (YPSLB) Kartasura tahun 2009. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa dengan Gangguan Pendengaran di SLB B/C Yayasan Pembina Sekolah Luar Biasa (YPSLB) Kartasura Tahun 2009 berjumlah 6 orang. Keseluruhan dijadikan sampel penelitian, sehingga penelitian ini penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dengan tes kemampuan motorik dari M. Furqon (2002: 32) yang meliputi gerak stabilitas, gerak lokomotor dan gerak manipulatif yang dibuat dalam bentuk cek list. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis non parametric (Sign test Wilcoxon) yang diberi simbol Z. Dalam penelitian ini menggunakan taraf signifikan (α) 5%. Dengan hasil To 0.028 > Tt = 0.0122, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian yang berbunyi: Pembelajaran Penjas Adaptif dapat meningkatkan kemampuan motorik pada siswa persiapan 1 (P1) SLB B/C Yayasan Pembina Sekolah Luar Biasa Kartasura tahun 2009 adalah signifikan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh simpulan yaitu: Pembelajaran Penjas Adaptif dapat meningkatkan kemampuan motorik pada siswa persiapan 1 (P1) SLB B/C Yayasan Pembina Sekolah Luar Biasa Kartasura tahun 2009. Rata-rata peningkatan kemampuan motorik sebesar 0.33.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Isro'iyatul Mubarokah
    Date Deposited: 14 Jul 2013 18:01
    Last Modified: 14 Jul 2013 18:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3777

    Actions (login required)

    View Item