Pengembangan Keterampilan Mengerjakan Tugas Secara Kelompok Sebagai Realisasi Dari Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Numbered Head Together (NHT) Untuk Peserta Didik SMP di Surakarta

Aliyah, Nur (2017) Pengembangan Keterampilan Mengerjakan Tugas Secara Kelompok Sebagai Realisasi Dari Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Numbered Head Together (NHT) Untuk Peserta Didik SMP di Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (655Kb)

    Abstract

    Nur Aliyah. K3113051. PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENGERJAKAN TUGAS SECARA KELOMPOK SEBAGAI REALISASI DARI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK PESERTA DIDIK SMP DI SURAKARTA. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe-1 yaitu Pengembangan Keterampilan Mengerjakan Tugas Secara Kelompok dengan Metode Numbered Head Together (NHT) Untuk Guru BK yang nantinya akan dilakukan uji keefektifan dan uji kepraktisannya sehingga dapat digunakan oleh guru BK dalam memberikan layanan bimbingan kepada peserta didik, dan selanjutnya adalah untuk mendiskripsikan kajian teoritis tentang keterampilan mengerjakan tugas secara kelompok dan kajian teoritis tentang metode NHT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Develpoment). Pada penelitian ini, tahap yang dilakukan hanya sampai dengan tahap ketiga yaitu tahap pra pengembangan yang sesuai dengan tujuan penelitian yaitu menghasilkan prototipe-1 berupa panduan layanan bimbingan mengerjakan tugas secara kelompok menggunakan numbered head together untuk SMP. Panduan disusun berdasarkan dari analisis data berupa analisis tingkat kebutuhan dan kepentingan layanan BK menurut peserta didik, orang tua, dan guru BK di SMP Negeri se-Karesidenan Surakarta. Kemudian pemilihan judul penelitian didasarkan pada presentase sangat penting dan sangat membutuhkan dari hasil analisis data kebutuhan tersebut. Hasil penelitian antara lain adalah, pertama, pada kajian empirik berisi tentang hasil survai yang telah dilakukan oleh Mahasiswa BK angkatan 2012 yang tergabung dalam penelitian payung didapatkan kebutuhan dan kepentingan peserta didik menunjukkan bahwa 38,01% sangat membutuhkan, 51,68% membutuhkan, 37,99% merasa sangat penting dan 51,98% merasa penting terhadap pengembangan keterampilan mengerjakan tugas secara kelompok. Kedua, hasil kajian teoritik tentang keterampilan mengerjakan tugas secara kelompok dan hasil kajian teoritik mengenai NHT. Ketiga, dari hasil studi pendahuluan dan kajian teoritik, maka disusun produk yang berupa buku panduan layanan bimbingan mengerjakan tugas secara kelompok menggunakan NHT untuk SMP. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini terdiri dari 3 produk buku yaitu Buku Pegangan Guru BK, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Lembar Jawab Peserta Didik (LJPD). Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti lain yang berminat untuk mengembangkan panduan pada tahap pengembangan yang selanjutnya meliputi uji validasi, uji keefektifan dan uji kepraktisan desain, uji lapangan operasional, diseminasi dan implementasi panduan. Kata kunci: panduan keterampilan mengerjakan tugas secara kelompok, metode pembelajaran kooperatif tipe NHT, peserta didik SMP.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 21 Dec 2017 11:29
    Last Modified: 21 Dec 2017 11:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37761

    Actions (login required)

    View Item