UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEJURUAN PADA KELAS X TP SMK MURNI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Wora, Veronika Marta (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEJURUAN PADA KELAS X TP SMK MURNI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (620Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Veronika Marta Wora. K2513104. UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEJURUAN PADA KELAS X TP SMK MURNI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan siswa kelas X TP SMK Murni 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Pelaksanaan penelitian ini dalam dua silus dan setiap siklus dilakukan dalam empat tahap aitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TP SMK Murni 1 Surakata yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan validitas konstruk dan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam dua siklus, Pada kegiatan pra tindakan persentase siswa yang aktif mencapai 34,48%. Pada siklus 1 terjadi peningkatan persentase siswa yang aktif 71,43% dan pada penerapan siklus 2 terjadi peningkatan persentase siswa yang aktif belajar hingga 86,21%. Batas krtiteria Ketuntasan Maksimum (KKM) prestasi belajar siswa 75. Persentase prestasi belajar siswa pra tindakan 37,93% siswa yang lulus. Siklus 1 terjadi peningkatan persentase prestasi siswa yang lulus 71,43% dan pada penerapan siklus 2 terjadi peningkatan persentase prestasi belajar hingga 86,21%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT): 1. Dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan kelas X TP SMK Murni 1 Surakarta. 2. Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan kelas X TP SMK Murni 1 Surakarta. Kata kunci: Keaktifan belajar, prestasi belajar, Dasar Kompetensi Kejuruan, Numbered Head Together (NHT).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 21 Dec 2017 11:24
    Last Modified: 21 Dec 2017 11:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37756

    Actions (login required)

    View Item