Analisis Perilaku Konsumen Dalam Membeli Teh Celup Merek Sariwangi di Pasar Swalayan Kabupaten Sukoharjo

Safitri, Novia (2017) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Membeli Teh Celup Merek Sariwangi di Pasar Swalayan Kabupaten Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1599Kb)

    Abstract

    ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI TEH CELUP MEREK SARIWANGI DI PASAR SWALAYAN KABUPATEN SUKOHARJO Novia Safitri1, Heru Irianto2, Mei Tri Sundari3 Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Email: noviasafitri977@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis atribut yang paling sesuai dengan harapan konsumen teh celup merek Sariwangi di pasar swalayan Kabupaten Sukoharjo serta mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen teh celup merek Sariwangi di pasar swalayan Kabupaten Sukoharjo. Metode dasar dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah judgemental sampling, dimana peneliti berada ditempat penelitian untuk melakukan penyebaran kuisioner ataupun wawancara. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan teknik pengumpulan data dengan cara pencatatan, wawancara, dan observasi. Metode analisis data menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengetahui atribut yang paling sesuai dengan harapan konsumen teh celup merek Sariwangi dan Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen teh celup merek Sariwangi. Hasil Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa atibut yang paling sesuai dengan harapan konsumen teh celup merek Sariwangi di pasar swalayan Kabupaten Sukoharjo adalah atribut rasa dengan nilai WSS (Weighted Satisfaction Score) yang tertinggi yaitu sebesar 0,42. Sedangkan hasil Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan bahwa teh celup merek Sariwangi memiliki indeks kepuasan konsumen sebesar 73,25%. Hasil ini menunjukkan bahwa indeks kepuasan konsumen teh celup merek Sariwangi di pasar swalayan Kabupaten Sukoharjo berada pada rentang skala 50%-75% dengan kriteria puas. Kata Kunci : Teh Celup Merek Sariwangi, Perilaku Konsumen, Kepuasan Konsumen, Pasar Swalayan, Kabupaten Sukoharjo. Keterangan : 1) Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian 2) Dosen Pembimbing Utama 3) Dosen Pembimbing Pendamping.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 21 Dec 2017 11:15
    Last Modified: 21 Dec 2017 11:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37754

    Actions (login required)

    View Item