PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELATIHAN "WELL CONTROL IADC WELL CAPWORKOVER COMPLETION" DI PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MINYAK DAN GAS BUMI CEPU

AXELDIO L, SILVESTER (2017) PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELATIHAN "WELL CONTROL IADC WELL CAPWORKOVER COMPLETION" DI PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MINYAK DAN GAS BUMI CEPU. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (382Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengarsipan dokumen pelatihan, serta untuk menganalisa permasalahan mengenai keterlambatan pengarsipan atau upload dokumen pelatihan yang berkenaan dengan Sistem Informasi Manajemen berbasis komputer yang ada pada PPSDM MIGAS Cepu. Teknik pembahasan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Deskriptif yang jenis datanya dibagi menjadi dua yakni, Data Primer didapatkan menggunakan metode pengumpulan data wawancara dengan lima orang staf PPSDM MIGAS Cepu. Sementara Data Sekunder didapatkan dengan memeriksa data atau dokumen dari perusahaan berupa tabel rekapitulasi perkembangan upload dokumen pelatihan “Well Control IADC Well Capworkover Completion” yang dilaksanakan pada Januari 2017. Pengarsipan dan upload dokumen pelatihan kedalam Sistem Informasi Diklat (SID) pada PPSDM MIGAS Cepu telah diatur dan dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) oleh para staf. Namun masih ada dokumen yang terlambat atau memakan waktu lama untuk diarsipkan kedalam SID. Komputer atau scanner yang rusak, menunggu pengesahan dari kepala sub bagian terkait hingga ada yang menyebutkan bahwa mereka tidak terlambat dan masih dalam batas waktu pengarsipan menjadi alasan dari para staf. Akan tetapi masalah utama dari terlambatnya pengarsipan adalah tidak adanya tenggang waktu dalam SOP untuk mengunggah dokumen pelatihan kedalam SID. Kurang tegasnya SOP mengenai batas waktu untuk mengunggah dokumen menjadi penyebab terlambatnya upload dokumen kedalam SID dan menjadi penyebab menimbulkan bermacam-macam alasan staf mengenai adanya dokumen yang memakan waktu lama untuk diunggah kedalam SID. Manajemen perlu mengevaluasi SOP pengarsipan dokumen pelatihan dan mempertegas batas waktunya agar para staf dapat lebih disiplin dan tidak ada lagi dokumen yang terlambat atau bahkan memakan waktu lama untuk diunggah kedalam Sistem Informasi Diklat. Kata kunci: Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer, Standar Operasional Prosedur.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 21 Dec 2017 10:53
    Last Modified: 21 Dec 2017 10:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37747

    Actions (login required)

    View Item