UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SMASH BOLAVOLI MENGGUNAKAN METODE DRILL BERVARIASI PADA SISWA KELAS X OTOTRONIK 2 SMK NEGERI 1 SAWIT BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nugroho, Noval Cesaryanto (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SMASH BOLAVOLI MENGGUNAKAN METODE DRILL BERVARIASI PADA SISWA KELAS X OTOTRONIK 2 SMK NEGERI 1 SAWIT BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (360Kb)

    Abstract

    Noval Cesaryanto Nugroho. K5613058. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH BOLAVOLI MENGGUNAKAN METODE DRILL BERVARIASI PADA SISWA KELAS X OTOTRONIK 2 SMK NEGERI 1 SAWIT BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017”, Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Surakarta, Juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar smash bolavoli menggunakan metode drill bervariasi pada siswa kelas x ototronik 2 smk negeri 1 sawit boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Ototronik 2 SMK Negeri 1 Sawit Boyolali semester I Tahun Pelajaran 2016/2017, sebanyak 36 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam PTK ini adalah teknik tes dan observasi, pengambilan data melalui tes sebelum dan sesudah diadakan tindakan penggunaan metode drill bervariasi pada materi smash bolavoli. Observasi yang dilakukan untuk mengamati perubahan perilaku siswa pada setiap siklus. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase, Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian bahwa denga penggunaan metode drill bervariasi pada mata pelajaran Penjasorkes dapat meningkatkan hasil belajar smash bolavoli pada siswa kelas X Ototronik 2 SMK Negeri 1 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017, dapat di peroleh hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut : Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa atau 58,33%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar mencapai 33 siswa atau 91,67 % dari jumlah seluruh siswa yaitu 36 siswa. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 74,11 pada siklus I meningkat tajam menjadi 86,07 pada siklus II. Nilai pada kondisi akhir meningkat dan melebihi target minimal yang diharapkan yaitu minimal 80 % siswa dalam satu kelas dapat tuntas belajar. Kata kunci : Metode drill bervariasi, Smash Bolavoli.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 21 Dec 2017 09:17
    Last Modified: 21 Dec 2017 09:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37744

    Actions (login required)

    View Item