EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIK DI LABORATORIUM OTOMOTIF DENGAN MODEL CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT (CIPP) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Damayanti, Retno (2017) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIK DI LABORATORIUM OTOMOTIF DENGAN MODEL CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT (CIPP) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (478Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Retno Damayanti. K2513056. EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIK DI LABORATORIUM OTOMOTIF DENGAN MODEL CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT (CIPP) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Evaluasi dengan model CIPP dapat digunakan untuk mengevaluasi ketercapaian tujuan proses pembelajaran. Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran praktik di laboratorium otomotif dengan model CIPP dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) gambaran kondisi kampus dalam pelaksanaan pembelajaran praktik di laboratorium otomotif pada Program Studi PTM FKIP UNS; (2) penyiapan pelaksanaan pembelajaran praktik di laboratorium otomotif pada Program Studi PTM FKIP UNS; (3) proses pelaksanaan pembelajaran praktik di laboratorium otomotif pada Program Studi PTM FKIP UNS; (4) faktor kendala pelaksanaan pembelajaran praktik di laboratorium otomotif pada Program Studi PTM FKIP UNS; (5) manfaat pelaksanaan pembelajaran praktik di laboratorium otomotif pada Program Studi PTM FKIP UNS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluatif dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Sampel penelitian adalah 34 mahasiswa konsentrasi otomotif Tahun Akademik 2013/2014, 5 dosen otomotif, dan 1 laboran laboratorium otomotif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas logika. Analisis data menggunakan perhitungan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kondisi kampus Program Studi PTM FKIP UNS dalam rangka persiapan untuk melaksanaan pembelajaran praktik di laboratorium otomotif tergolong sudah baik; (2) penyiapan dalam melaksanaan pembelajaran praktik di laboratorium otomotif pada Program Studi PTM FKIP UNS tergolong cukup baik; (3) proses pelaksanaan pembelajaran praktik di laboratorium otomotif pada Program Studi PTM FKIP UNS sudah baik; (4) faktor-faktor yang menjadi kendala yaitu penyiapan teori oleh mahasiswa yang masih kurang, luas area laboratorium yang masih kurang, kurangnya jumlah peralatan praktik, dan terdapat mahasiswa yang memiliki sikap kerja rendah; (5) manfaat pelaksanaan pembelajaran praktik di laboratorium otomotif pada program studi PTM FKIP UNS yaitu meningkatkan keterampilan, meningkatkan pengetahuan, menambah pengalaman inovatif, meningkatkan personalitas, dan meningkatkan kepuasan belajar mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran praktik di laboratorium otomotif. Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran Praktik, Laboratorium Otomotif, CIPP ABSTRACT Retno Damayanti. K2513056. EVALUATION OF LEARNING PRACTICES AT AUTOMOTIVE LABORATORY USING CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT (CIPP) MODEL IN MECHANICAL ENGINEERING OF EDUCATION STUDY PROGRAM FKIP SEBELAS MARET UNIVERSITY SURAKARTA. Thesis, The Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, Surakarta July 2017. Evaluation using CIPP model used to evaluate purpose of learning process. Results evaluation of implementation learning practices at automotive laboratory using CIPP model can be used to enhance quality of learning. The purpose of this study is to describe: (1) description of campus condition on the implementation of learning practice at automotive laboratory in PTM FKIP UNS study program;(2) preparation of implementation learning practices at automotive laboratory in PTM FKIP UNS study program; (3) implementation of a quality learning practice at automotive laboratory of PTM FKIP UNS study program; (4) implementation of constraint factors of learning practice at automotive laboratory of PTM FKIP UNS study program; (5) benefits of implementing the learning practices at automotive laboratory of PTM FKIP UNS study program. This research used the evaluative research methods with a CIPP model (Context, Input, Process, Product). The sample size consist of 33 students at automotive concentration academic year 2013, 5 automotive lecturers, and 1 laboran automotive laboratory. The techniques of sampling was taken by a purposive sampling. Data collection was conducted by a questionnaire, an interview, an observation, and a documentation. The validity of the questionnaire that used in this research is the logical validity. Data analysis using the calculation of the average. The research shows: (1) campus conditions of PTM FKIP UNS study program in preparation for a perceived learning practices at an automotive laboratory belongs to the already good; (2) preparation of perceived learning practices at an automotive laboratory of PTM FKIP UNS study program belongs to quite good; (3) quality of the implementation of learning practices at an automotive laboratory of PTM FKIP UNS study program already good; (4) factors that become constraints implementation of learning practice at an automotive laboratory of PTM FKIP UNS study program are, the lack knowledge of student, laboratory area, the lack of practice equipment, and the attitude of the student is still low. (5) benefits of implementing learning practices at an automotive laboratory of PTM FKIP UNS study program are improving skills of students, enhancing the knowledge of students, adding to the innovative student experience, increasing the students personality, and enhancing student learning satisfaction in performance of learning practices at an automotive laboratory. Keywords: Evaluation, Learning Practices, Automotive Laboratory, CIPP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 20 Dec 2017 17:49
    Last Modified: 20 Dec 2017 17:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37726

    Actions (login required)

    View Item