PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD KOTA MADIUN

WALUYO, GAGUK EKO (2010) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD KOTA MADIUN. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (3787Kb)

    Abstract

    Gaguk Eko Waluyo, NIM : S 54020921. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun. Tesis Program Studi Magister Kedokteran Keluarga, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Rumah sakit adalah sebuah institusi perawatan kesehatan profesional yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat dan tenaga ahli kesehatan lainnya dan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dalam memenuhi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun. Jenis penelitian ini adalah kuasi ekperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desains Pada kelompok eksperimen terdiri 15 responden, sedang kelompok kontrol 15 responden. Data berasal dari data primer yang menggunakan instrument penelitian dalam bentuk kuesioner. Pengumpulan data post test dilakukan 3 hari sesudah pre test. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pendidikan kesehatan, sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan pasien. Analisis data dilakukan uji independent t-testdengan taraf signifikan 0,05. Pengolahan data statistik menggunakan program SPSS for Window Release13. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaaan kepuasan pasien (aspek kehandalan) terhadap pendidikan kesehatan antara kelompok eksperimen dan kontrol (p = 0,104). Pada kepuasan pasien (aspek ketanggapan) ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol terhadap pendidikan kesehatan (p = 0,039). Pada kepuasan pasien (aspek jaminan) tidak ada perbedaaan antara kelompok eksperimen dan kontrol terhadap pendidikan kesehatan (p = 0,164). Pada kepuasan pasien (aspek kepedulian) ada perbedaaan antara kelompok eksperimen dan kontrol terhadap pendidikan kesehatan (p = 0,021). Dan pada kepuasan pasien (aspek bukti langsung) ada perbedaaan antara kelompok eksperimen dan kontrol terhadap pendidikan kesehatan (p = 0,0001). Dengan demikian diharapkan program pendidikan kesehatan akan mampu meningkatkan kepuasan pasien, yang berarti pula mampu meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan sehingga dapat dijadikan alat pemasaran untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada pasien. Kata Kunci: Pendidikan kesehatan, kepuasan pasien.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 14 Jul 2013 17:56
    Last Modified: 14 Jul 2013 17:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3771

    Actions (login required)

    View Item