PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-PUBLICATION MODUL TEKNIK SEPEDA MOTOR BERDASARKAN GAYA BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNS

Sasongko, Wahyu Dimas (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-PUBLICATION MODUL TEKNIK SEPEDA MOTOR BERDASARKAN GAYA BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1678Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wisnu Dimas Sasongko. K2513071. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-PUBLICATION MODUL BERDASARKAN GAYA BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNS. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juni 2017. Kemajuan dalam kemampuan perangkat mobile berdampak meningkatnya minat untuk memanfaatkannya dalam pembelajaran, terutama di bidang pendidikan teknik. Pembelajaran mobile telah menjadi alat yang baik untuk memberikan sumber daya pendidikan dimana peserta didik tidak hanya dapat mengakses modul kapan saja dan dimana saja tetapi juga dapat secara aktif berinteraksi dengan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan materi pembelajaran Teknik Otomotif yang berbasis pada perangkat mobile untuk mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin. Pengembangan e-publication modul Teknik Sepeda Motor menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Gaya belajar mahasiswa diidentifikasi untuk mengetahui karakteristik calon pengguna. Ditemukan bahwa sebagian besar mahasiswa sebagai calon pengguna memiliki jenis gaya belajar auditory dan kinesthetic, maka modul akan dirancang dengan desain yang sesuai dengan gaya belajar auditory dan kinesthetic. Modul pembelajaran dikembangkan menggunakan perangkat lunak e-publication yang terdiri dari dokumen PDF terstruktur yang dikombinasikan dengan file audio dan video. Beberapa ahli dalam bidang desain dan Teknik Sepeda Motor diminta mengevaluasi kelayakan modul. Skor evaluasi dengan rata-rata sebesar 85,4%, yang menunjukkan penerimaan yang tinggi dalam menggunakan modul untuk pembelajaran. Analisis pengujian teknis menunjukkan bahwa smartphone yang digunakan untuk menjalankan modul ini memerlukan kapasitas RAM (Random Access Memory) setidaknya 1024 MB. Hal ini mengimplikasikan bahwa e-publication modul memiliki potensi untuk mendapatkan penerimaan yang lebih luas dalam pendidikan teknik yang untuk melengkapi pembelajaran di kelas dan praktis. Kata kunci: Pengembangan, media pembelajaran, model ADDIE, e-publication, pembelajaran mobile. ABSTRACT Wisnu Dimas Sasongko. K2513071. DEVELOPMENT OF E-PUBLICATION MODULE BASED ON THE STUDENT’S LEARNING STYLE OF MECHANICAL ENGINEERING EDUCATION FKIP UNS STUDENTS. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, June 2017. Recent advancements in the capabilities of mobile devices have led to an increased interest in leveraging them for learning, especially in the field of engineering education. Mobile learning has become great tool for delivering educational resources in which learners can not only access the module anytime and anywhere but also can actively interact with the learning material. This research aims to design and develop learning material of an automotive engineering course based on mobile device for mechanical engineering education students. The development e-publication module of motorcycle mechanic course employed the ADDIE instructional design model encompassing five steps: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The student’s learning style was identified to characterize the target audience of the mobile module. It was found that the majority of the students as the user have auditory and kinesthetic, then the module will be designed with the design in accordance with the auditory and kinesthetic learning style, therefore the module will be mainly designed on audio-based format. The learning module is developed using e-publication software consisting of structured PDF documents combined with audio and video files. Some experts in instructional system design and automotive engineering were asked to evaluate the implementation feasibility of the module. The average evaluation score was 85.4%, indicating high acceptance of implementing the learning module. The technical feasibility analysis indicated that the smartphone used for this module requires at least 1024 MB of RAM (Random Access Memory).It implies that e-publication module delivery has the potential to gain wider acceptance in engineering education complementing the in-class and practical learning. Keywords: Development, instructional media, ADDIE model, e-publication, mobile learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 20 Dec 2017 16:53
    Last Modified: 20 Dec 2017 16:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37706

    Actions (login required)

    View Item