Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Learning Cycle 5E terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Widianingrum, Winda Mega (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Learning Cycle 5E terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (480Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran problem solving dan learning cycle 5E terhadap prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga; (2) pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar; (3) interaksi antara model pembelajaran problem solving dan learning cycle 5E dengan kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain faktorial 2×2. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 6 dan kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan: (1) dokumentasi nilai ulangan akhir semester ganjil kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017; (2) instrumen tes untuk mengukur prestasi aspek pengetahuan; (3) angket untuk mengukur prestasi aspek sikap dan kemampuan metakognisi; (4) observasi sebagai penilaian aspek sikap dan keterampilan. Analisis data prestasi aspek pengetahuan menggunakan anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, sedangkan data prestasi aspek sikap dan keterampilan menggunakan uji statistik non parametrik Kruskal Wallis H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran problem solving dan learning cycle 5E terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan pada materi larutan penyangga; (2) ada pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi aspek pengetahuan dan sikap, sedangkan pada aspek keterampilan tidak ada pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar; (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran problem solving dan learning cycle 5E dengan kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan pada materi larutan penyangga. Kata Kunci: problem solving, learning cycle 5E, kemampuan metakognisi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 20 Dec 2017 16:48
    Last Modified: 20 Dec 2017 16:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37705

    Actions (login required)

    View Item