Pengaruh Kompetensi, Independensi, Motivasi, dan Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Inspektorat se-Provinsi Sulawesi Tenggara)

HAMDI, MUHAMAD (2017) Pengaruh Kompetensi, Independensi, Motivasi, dan Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Inspektorat se-Provinsi Sulawesi Tenggara). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (560Kb)

    Abstract

    Salah satu perubahan yang fundamental terjadi pada pemerintahan Indonesia ketika era reformasi dimulai ialah desentralisasi pemerintahan. Proses desentralisasi ini dalam perjalanannya tentu menghadapi berbagai macam masalah, yang mana diantaranya adalah permasalahan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan. Salah satu pemegang peran penting dalam mengatasi masalah ini adalah Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), dan dalam perihal pemerintah daerah peran ini dipegang oleh Inspektorat Daerah. Dalam menjalankan tugasnya, berbagai macam aspek dapat mempengaruhi kinerja seorang auditor internal sedemikian rupa sehingga kualitas laporan audit dapat diketahui bahkan sebelum laporan audit itu sendiri terbit. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh dari kompetensi, independensi, motivasi, dan pengalaman kerja auditor Inspektorat se-Provinsi Sulawesi Tenggara pada 18 kantor Inspektorat Daerah terhadap kualitas audit yang dihasilkan. Penelitian menggunakan instrumen kuesioner sebagai media pengumpul data dengan model convenience sampling. Hasil dari penelitian ini, berdasarkan jawaban dari 103 responden, menunjukkan bahwa kompetensi dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit, akan tetapi independensi dan pengalaman kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit. Oleh karena itu, lini manajemen Inspektorat Daerah sebaiknya mempertimbangkan untuk lebih berfokus meningkatkan kompetensi dan motivasi aparatnya sehingga kualitas audit dapat lebih ditingkatkan lagi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 20 Dec 2017 13:54
    Last Modified: 20 Dec 2017 13:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37691

    Actions (login required)

    View Item