IMPLEMENTASI GREEN CAMPUS PADA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Maslikhah, Maslikhah (2017) IMPLEMENTASI GREEN CAMPUS PADA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    MASLIKHAH. 2017. Implementasi Green Campus pada Universitas Negeri Semarang (UNNES). Disertasi. Program Doktor Ilmu Lingkungan UNS Surakarta. Promotor Prof.Dr.Muhammad Akhyar, M.Pd; Prof. Dr.Soetarno Joyoatmojo, M.Pd; dan Dr. Mohammad.Masykuri, M.Si. UNNES merupakan perguruan tinggi (PT) yang menerapkan konsep konservasi lingkungan. Perilaku mahasiswa UNNES berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara pendahuluan menandai variasi perilaku kurang peduli dan peduli terkait impelementasi green campus (GC) melalui lima pilar GC (5 PGC) yang meliputi 1) arsitektur hijau dan transportasi berwawasan lingkungan; 2) keanekaragaman hayati; 3) pemanfaatan energi; 4) sosialisasi konservasi; dan 5) pengelolaan sampah. Fokus penelitian ini adalah bagaimana hasil implementasi green campus pada 5 PGC? Fokus penelitian dirinci ke dalam pertanyaan tentang bagaimana pola dan makna perilaku mahasiswa UNNES terkait hasil implementasi GC melalui 5 PGC?. Tujuan penelitian untuk menganalisis pola dan makna perilaku hasil implementasi green campus melalui 5 PGC. Metode etnografi digunakan untuk memahami fenomena yang dilakukan mahasiswa UNNES dalam konteks khusus secara alami. Sampel penelitian menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik sampel bertujuan melalui snowball sampling yang diawali pada mahasiswa Duta Konservasi, Green Community, Resimen Mahasiswa; Racana, Mahapala, dan Mahasiswa yang tinggal di Asrama. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi metode. Triangulasi metode melalui angket, observasi, dan wawancara yang dirancang mengikuti model Spradley dengan menggunakan pertanyaan deskriptif, struktural, dan kontras. Validasi data dilakukan melalui pengecekan derajat kepercayaan, pengalihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan pola perilaku hasil implementasi terkait GC melalui 5 PGC pada 1) pilar arsitektur hijau dan transportasi berwawasan lingkungan memiliki kepekaan sosial, tingkah laku berkesinambungan, orientasi pada tugas, sifat kejuangan, dan keunikan; makna perilaku pada pilar ini yaitu menggunakan, mengabaikan, menyesuaikan, merusak, memelihara, dan memperbaiki; 2) pilar keanekaragaman hayati memiliki kepekaan sosial, tingkah laku berkesinambungan, orientasi pada tugas, sifat kejuangan, dan keunikan; makna perilaku pada pilar ini yaitu menggunakan, mengabaikan, merusak, memelihara, dan memperbaiki; 3) pilar pemanfaatan energi memiliki kepekaan sosial, tingkah laku berkesinambungan, orientasi pada tugas, dan keunikan; makna perilaku pada pilar ini yaitu menggunakan, mengabaikan, menyesuaikan, dan memelihara; 4) pola perilaku pada sosialisasi konservasi memiliki kepekaan sosial, tingkah laku berkesinambungan, orientasi pada tugas, dan keunikan; makna perilaku pada pilar ini yaitu menggunakan, mengabaikan, menyesuaikan, dan memelihara; dan 5) pola perilaku pada pengelolaan sampah memiliki kepekaan sosial, tingkah laku berkesinambungan, orientasi pada tugas, dan keunikan; makna perilaku pada pilar ini yaitu menggunakan, mengabaikan, menyesuaikan, dan memperbaiki lingkungan. Kata Kunci: Implementasi, pilar green campus, pola dan makna perilaku. ABSTRACT MASLIKHAH. 2017. The Implementation of Green Campus in the State University of Semarang (UNNES). Dissertation. Doctoral Degree program of Environmental Science, UNS Surakarta under the guided of Promotor Prof. Dr.Muhammad Akhyar,M.Pd; Prof. Dr.H.Soetarno Joyoatmojo, M.Pd; and Dr.Mohammad Masykuri, M.Si. The State University of Semarang (UNNES) is a university that applies environmental conservation. Student behavior referring to the data from observation and interview marks a variety of caring and uncaring attitude has related green campus (GC) implementation through 5 pillars (5 PGC) such as a) green architecture and environmentally insight, b) biodiversity, c) energy efficiency, d) socialization of conservation, and e) wastes management are. The problem focused in this research is how GC is being implementation result through 5 PGC?. The problem focused which is finally broken-down into questions of how the pattern and its interpretation of UNNES students behavior on 5 PGC) consisting of 5 PGC. The objective of this research for implementation GC analysis through 5 PGC. Ethnography methods aim to understand phenomena experienced by the students in the form of 5 PGC behavior in particular context naturally. The research sampling accupies the non-probability sampling method with purposeful sampling technique through snowball sampling at which begins on students as ambassador conservation, green community, regiment of student, Scout, nature friendly community, and student boarding house. Technique for collecting data uses triangulation of methods. Methods triangulation was delivered through questionnaire, observation, and interview designed in line with Spradley model using descriptive, structural, and contrastive questions. Data validation was confirmed through checking with the degree of credibility, transferability, dependability, dan confirmability. The research results show design of behavior regarding the results of the implementation of GC through 5 PGC 1) green architecture and transportastion environmentally insight pillars having social awareness, sustainable behavior, orientation on duty, the nature of fight, and uniqueness; impression behavior on pillars namely using, neglecting, adjusting, destroying, protecting, and restoring environment; 2) biodiversity pillar having social awareness, sustainable behavior, orientation on duty, the nature of fight, and uniqueness; impression behavior on pillars namely using, neglecting, destroying, protecting, and restoring environment; 3 ) energy utilization pillar having social awareness, sustainable behavior, orientation on duty, and uniqueness; impression behavior on pillars namely using, neglecting, adjusting, protecting, environment; 4) socialization conservation pillar having social awareness, sustainable behavior, orientation on duty, and uniqueness; impression behavior on pillars namely using, neglecting, adjusting, protecting, and environment; and 5) waste management pillar having social awareness, sustainable behavior, orientation on duty, and uniqueness; impression behavior on pillars namely using, neglecting, adjusting, and restoring environment; Keywords: implementation, pillars of green campus, design and impression.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    Divisions: Pascasarjana > Doktor > Ilmu Lingkungan S3
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 20 Dec 2017 09:46
    Last Modified: 20 Dec 2017 09:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37683

    Actions (login required)

    View Item