PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS X BB SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Rifqi, M. Farid (2017) PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS X BB SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (724Kb)

    Abstract

    M Farid Rifqi. K5613042. PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS X BB SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017 Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui penerapan metode inklusi siswa kelas X BB SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X BB SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 36 siswa, yang terdiri dari 10 siswa putra dan 26 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru,siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes, hasil lompat jauh gaya jongkok dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantatif dengan prosentase. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa pada Siklus I dari 36 siswa mencapai 61,11% atau sebanyak 22 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 86,11% atau sebanyak 31 siswa sudah masuk kriteria tuntas, sedangkan pada akhir siklus II ada 5 siswa yang belum tuntas. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inklusi dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X BB SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017.. Kata Kunci : Hasil belajar, lompat jauh gaya jongkok, metode pembelajaran inklusi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 20 Dec 2017 09:20
    Last Modified: 20 Dec 2017 09:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37678

    Actions (login required)

    View Item