Strategi Bersaing Agroindustri Bakpia Pathok "25" Kota Yogyakarta

Indraswara, M. Bayangraga (2017) Strategi Bersaing Agroindustri Bakpia Pathok "25" Kota Yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (312Kb)

    Abstract

    STRATEGI BERSAING AGROINDUSTRI BAKPIA PATHOK “25” KOTA YOGYAKARTA Muhammad Bayangraga Indraswara(1), Mohamad Harisudin(2), R. Kunto Adi(3) Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta Jl.Ir.Sutami No.36 A Kentingan Surakarta 57126 Telp./Fax (0271) 637457 Email: Muhammadbayangraga@yahoo.com / Telp: 085711136424 Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penentu keberhasilan bakpia pathok, posisi bersaing, dan alternatif strategi bersaing bagi Agroindustri Bakpia Pathok “25” dalam menghadapi persaingan usaha bakpia pathok di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan teknik uji organoleptik. Penentuan objek penelitian dilakukan dengan cara purposive. Penentuan responden menggunakan metode purposive sampling dengan melibatkan key informan dan panelis sebagai respondennya. Alat analisis yang digunakan adalah CPM (Competitive Profile Matrix). Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa faktor penentu keberhasilan bakpia pathok adalah harga produk, keragaman produk, daya tahan produk, rasa produk, tekstur produk, warna produk, aroma produk, merek, desain kemasan, kualitas kemasan, warna kemasan, dan kelengkapan label. Posisi bersaing Agroindustri Bakpia Pathok “25” berada diposisi pertama dengan skor 3,186 dibandingkan para pesaing utamanya. Alternatif strategi bersaing yang dapat dirumuskan adalah (1) menonjolkan berbagai keunggulan produk pada promosi menggunakan pamflet dan media sosial (2) melakukan inovasi pada atribut produk yang kurang unggul dengan cara benchmarking terhadap atribut produk yang lebih unggul (3) membuat varian produk bakpia pathok baru dengan daya tahan yang lebih optimal dan meningkatkan kualitas kemasan produk dengan menambah kertas irsad dibagian dalam kemasan agar kesan minyak tidak terlihat dari luar kemasan. Kata Kunci : Bakpia Pathok, Agroindustry, Alternatif Strategi Bersaing. (1) Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta (2) Dosen Pembimbing Utama (3) Dosen Pembimbing Pendamping.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 20 Dec 2017 09:15
    Last Modified: 20 Dec 2017 09:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37677

    Actions (login required)

    View Item