PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DENGAN MODIFIKASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII A SMP KRISTEN 4 MONGINSIDI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Suheni, Veronica (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DENGAN MODIFIKASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII A SMP KRISTEN 4 MONGINSIDI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (717Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Veronica Suheni. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DENGAN MODIFIKASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII A SMP KRISTEN 4 MONGINSIDI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli melalui penerapan metode pembelajaran drill dengan modifikasi bola pada siswa kelas VIII A SMP Kristen 4 Monginsidi Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Kristen 4 Monginsidi Surakarta yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 12 siswa putra dan 8 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan penilaian hasil belajar passing atas bolavoli. Analisis dara menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran drill dengan modifikasi bola dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli dari prasiklus ke seiklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menggunakan menggunakan metode pembelajaran drill dengan modifikasi bola dalam mempelajari teknik dasar passing atas bolavoli, sehingga keterampilan passing atas bolavoli siswa masih rendah dan hasil belajar passing atas bolavoli siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 38.10%. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 65%. Sedangkan pada siklus II, siswa yang tuntas mencapai 85%. Simpulan penelitian ini adalah bahwa melalui penerapan metode pembelajaran drill dengan modifikasi bola dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII A SMP Kristen 4 Monginsidi Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Hasil belajar, passing atas bolavoli, metode pembelajaran drill, modifikasi bola

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 19 Dec 2017 16:29
    Last Modified: 19 Dec 2017 16:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37650

    Actions (login required)

    View Item