PENGARUH CREDIBILITY DAN ATTRACTIVENESS BEAUTY VLOGGER TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (Studi pada Pengguna Media Sosial Youtube di Universitas Sebelas Maret)

Utari, Tri (2017) PENGARUH CREDIBILITY DAN ATTRACTIVENESS BEAUTY VLOGGER TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (Studi pada Pengguna Media Sosial Youtube di Universitas Sebelas Maret). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (59Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat beli konsumen yang menonton review produk kecantikan yang dilakukan oleh beauty vlogger. Variabel independen dalam penelitian ini adalah source credibility dan source attractiveness, dan purchase intention sebagai variabel dependen, sedangkan variabel intervening adalah attitude toward information source. Penelitian ini dilakukan di Universitas Sebelas Maret. Data dari responden pada penelitian ini diambil menggunakan metode non probability sampling dan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Sebelas Maret yang mengetahui channel youtube beauty vlogger dan berniat membeli produk kecantikan. Penelitian ini menggunakan alat uji SPSS for windows 16 untuk uji validitas dan reliabilitas dan SmartPLS 2 untuk uji model. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1) credibility beauty vlogger berpengaruh pada attitude toward information source, 2) attractiveness beauty vlogger berpengaruh terhadap attitude toward information source, dan 3) attitude toward information source berpengaruh terhadap purchase intention. Keterbatasan penelitian ini adalah variabel yang digunakan dalam penelitian ini hanya disesuaikan untuk seluruh beauty vlogger tidak terfokus pada satu beauty vlogger sehingga dapat menimbulkan bias. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat melengkapi kekurangan yang ada pada penelitian ini. Kata kunci: source credibility, source attractiveness, purchase intention

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 19 Dec 2017 16:08
    Last Modified: 19 Dec 2017 16:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37644

    Actions (login required)

    View Item