PENGARUH ETNOSENTRISME DALAM MEMODERASI NIAT BELI PRODUK DOMESTIK (Studi pada Produk-Produk Perkakas Elektronik Merk Maspion di Kota Surakarta)

P, TITO YONATHAN (2017) PENGARUH ETNOSENTRISME DALAM MEMODERASI NIAT BELI PRODUK DOMESTIK (Studi pada Produk-Produk Perkakas Elektronik Merk Maspion di Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (412Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pengaruh Etnosentrisme dalam Memoderasi Niat Beli Produk Domestik (Studi pada Produk-Produk Perkakas Elektronik Merk Maspion di Kota Surakarta) TITO YONATHAN PADMANABA F0212112 Dalam era MEA ini produk impor telah menguasai pasar Indonesia dengan harga dan kualitas yang sangat baik. Hal ini mengakibatkan produkproduk buatan Indonesia mengalami penurunan penjualan yang cukup besar di pasar dalam negeri. Karena itu diperlukan strategi baru untuk dapat bersaing dengan produk impor di pasar dalam negeri. Peneliti menganggap Consumer Ethnocentrism sebagai strategi baru dalam menghadapi gempuran produk impor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah persepsi kualitas, citra perusahaan, sikap terhadap merk, norma subjektif dan etnosentrisme konsumen mempengaruhi niat beli seseorang terhadap produk domestik. Objek amatan ini meneliti perilaku konsumen terhadap produk-produk perkakas rumah tangga merk Maspion di kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling melibatkan sebanyak 301 responden masyarakat kota Surakarta dengan kriteria responden: usia produktif, berperan sebagai pengambil keputusan untuk pembelian perkakas elektronik dalam rumah tangga, dan dalam waktu dekat akan membeli peralatan perkakas rumah tangga.. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil pengujian menunjukan secara empiris bahwa niat beli masyarakat terhadap produk Maspion di kota Surakarta dibentuk berdasarkan sikap merk yang dipengaruhi oleh persepsi kualitas dan citra perusahaan Sementara itu, norma subjektif dan etnosentrisme masyarakat kota surakarta tidak mempengaruhi terhadap niat beli masyarakat kota Surakarta. Kata Kunci : persepsi kualitas, citra perusahaan, sikap terhadap merk, norma subjektif, etnosentrisme konsumen, niat beli terhadap produk domestik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 19 Dec 2017 15:48
    Last Modified: 19 Dec 2017 15:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37639

    Actions (login required)

    View Item