Pemberian Safety Talk Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Pekerja Bagian Weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa

ADHE CANDRA, SOFIAN (2017) Pemberian Safety Talk Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Pekerja Bagian Weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (529Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sofian Adhe Candra, R0213050, 2017. Pengaruh Pemberian Safety Talk Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Pekerja Bagian Weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Latar Belakang : Melihat angka penyakit akibat kerja yang sangat tinggi dan merujuk pada Sustainable Development Goal’s (SDG’s) yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan semua orang disegala usia, maka harus diselenggarakan Hirarki of Control berupa penggunaan alat pelindung diri. Namun, salah satu penyebab kurangnya kepatuhan penggunaan alat pelindung diri pekerja adalah akibat dari kurangnya pengetahuan tentang alat pelindung diri. Untuk meningkatkan pengetahuan tentang alat pelindung diri pekerja ini dapat melalui pemberian intervensi berupa safety talk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian safety talk terhadap peningkatan pengetahuan dan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri pada pekerja Bagian Weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa Metode : Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental menggunakan desain penelitian Times Series Design dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Responden yang diambil adalah operator loom bagian weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar. Pengukuran pengetahuan alat pelindung diri menggunakan kuesioner dan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri menggunakan checklist. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik nonparametrik wilcoxon. Hasil : Hasil uji statistik Wilcoxon menunjukkan hasil yang signifikan berupa peningkatan rata-rata skor pengetahuan alat pelindung diri sebesar 14.29% dengan nilai p-value = 0.000 dan peningkatan rata-rata skor kepatuhan pemakaian alat pelindung diri sebesar 34.5% dengan nilai p-value = 0.000. Simpulan : Terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian program safety talk dalam meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri pada pekerja bagian weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa. Kata Kunci : Program K3, Safety Talk, Pengetahuan, Kepatuhan, dan Alat Pelindung Diri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D4 - Keselamatan Kerja
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 20:19
    Last Modified: 18 Dec 2017 20:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37596

    Actions (login required)

    View Item