Penerapan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Pemerintahan Pusat Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Surakarta

ABDONI, SELLY (2017) Penerapan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Pemerintahan Pusat Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (670Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Selly Abdoni. PENERAPAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan langkah-langkah Mind Mapping yang dapat meningkatkan pemahaman konsep materi sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV SDN Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah saya sebagai peneliti, guru, dan siswa kelas IV SD Negeri Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan analisis interaktif dengan empat buah komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh dari pratindakan hingga siklus II mengalami peningkatan. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas sebesar 53,10 dengan presentase 32,2% siswa yang mencapai batas nilai KKM yaitu 70. Pada siklus I , nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,3 dengan presentase 46,42%. Pada siklus II, nilai rata-ratakelas meningkat 82,23 dengan presentase 89,28%. Selain itu, mind mapping mampu meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 20:10
    Last Modified: 18 Dec 2017 20:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37591

    Actions (login required)

    View Item