UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIK DAN HASIL PRAKTIK MESIN BUBUT MELALUI PERANCANGAN WORK PREPARATION SHEET SISWA KELAS X D PEMESINAN SMK WARGA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

IRMAWAN, SANDRI (2017) UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIK DAN HASIL PRAKTIK MESIN BUBUT MELALUI PERANCANGAN WORK PREPARATION SHEET SISWA KELAS X D PEMESINAN SMK WARGA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (812Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sandri Irmawan K2513100. UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAKTIK DAN HASIL PRAKTIK MESIN BUBUT MELALUI PERANCANGAN WORK PREPARATION SHEET SISWA KELAS X D PEMESINAN SMK WARGA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan kompetensi praktik siswa, dan (2) meningkatkan hasil praktik siswa melalui perancangan work preparation sheet guna tercapainya nilai ketuntasan hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran praktik pemesinan bubut kelas X Pemesinan SMK WARGA Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X D Pemesinan SMK WARGA Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah pengamatan, test, unjuk kerja dan wawancara. Uji validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Data penelitian dianalisi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa perancangan work preparation sheet dapat meningkatkan kompetensi praktik dan hasil praktik siswa pada pembelajaran praktik pemesinan bubut. Pada siklus I persentase keberhasilan siswa dalam mendapatkan nilai kompetensi praktik sebesar 72,22% dan hasil praktik sebesar 63,88%. pada siklus II, persentase keberhasilan siswa dalam mendapatkan nilai kompetensi praktik meningkat sebesar 88,88% dan hasil praktik meningkat sebesar 86,11%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perancangan work preparation sheet dapat meningkatkan kompetensi praktik dan hasil praktik siswa kelas X D Pemesinan SMK WARGA Surakarta pada mata pelajaran praktik pemesinan bubut. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Kompetensi Praktik, Hasil Praktik, Work Preparation Sheet.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 20:07
    Last Modified: 18 Dec 2017 20:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37589

    Actions (login required)

    View Item