PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TM-B SMK N 5 SURAKARTA TA.2016-2017

PRATAMA IDRIS, RIZKY (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TM-B SMK N 5 SURAKARTA TA.2016-2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2965Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rizky Pratama idris. K2513097.PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TM-B SMK N 5 SURAKARTA TA.2016-2017. Skripsi,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring). Tujuan penelitian ini sebagai berikut : (1) Untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran mekanika teknik kelas X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017. (2) Untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik kelas X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017 dengan penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta, hasil lembar amatan keaktifan dan hasil tes belajar siswa kelas X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Prosedur penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, analisis, refleksi, tindakan, evaluasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut : (1) siswa yang aktif sesuai kriteria keaktifan belajar pada pra-siklus sebesar 31,25%, pada siklus I siswa yang aktif sesuai kiteria keaktifan belajar mencapai 53,12%, siklus II siswa yang aktif sesuai kriteria keaktifan belajar mencapai 84,38%. Penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring), juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebagai berikut : (2) siswa yang nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada pra-siklus mencapai 37,5%, Siklus I siswa yang nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 68,75%, Siklus II siswa yang nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 84,37%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa : (1) penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017, (2) penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017. Kata kunci : Tutor Sebaya (Peer Tutoring), keatifan siswa, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 20:03
    Last Modified: 18 Dec 2017 20:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37587

    Actions (login required)

    View Item