ANALISIS LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMA DAN PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH

ASTUTI KUSUMA WARDANI, RIKA (2017) ANALISIS LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMA DAN PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (323Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) literasi lingkungan siswa SMA Negeri 2 Karanganyar; (2) pembelajaran Biologi pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah di SMA Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X, XI dan XII IPA SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2016 / 2017, dipilih secara purposive. Literasi lingkungan diukur melalui tiga komponen, yaitu knowledge, attitude dan concern. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi pembelajaran Biologi materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah di kelas, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif untuk angket literasi lingkungan dan teknik analisis kualitatif untuk wawancara dan observasi. Teknik validitas data menggunakan validasi isi dan validasi konstruk. Hasil penelitian angket literasi lingkungan menunjukkan bahwa 80% knowledge siswa termasuk kategori inadequate dan sisanya tergolong adequate. Nilai rata-rata attitude adalah 46.42. Rata-rata concern berada pada rentang 2.58 sampai 4.18. Literasi lingkungan yang belum tinggi disebabkan karena siswa tidak memahami materi pembelajaran, guru mengajarkan materi sebatas teori dan konsep, isi materi dalam RPP dan yang disampaikan oleh guru belum memenuhi komponen literasi lingkungan serta sekolah belum mengintegrasikan pembelajaran lingkungan melalui kurikulum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 19:56
    Last Modified: 18 Dec 2017 19:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37583

    Actions (login required)

    View Item