KORELASI ANTARA SOFT SKILLS DAN PRESTASI KOMPETENSI KEJURUAN (HARD SKILLS) DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN ANGKATAN 2013

NUR AINI, NIA (2017) KORELASI ANTARA SOFT SKILLS DAN PRESTASI KOMPETENSI KEJURUAN (HARD SKILLS) DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN ANGKATAN 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (449Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nia Nur Aini. KORELASI ANTARA SOFT SKILLS DAN PRESTASI KOMPETENSI KEJURUAN (HARD SKILLS) DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN ANGKATAN 2013. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan yang baik mengenai (1) ada tidaknya pengaruh soft skills dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2013; (2) ada tidaknya pengaruh prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2013; (3) ada tidaknya pengaruh soft skills dan prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS angkatan 2013 yang berjumlah 62 mahasiswa. Ukuran sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling dan berjumlah 55 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk variabel prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) dan metode angket untuk variabel soft skills dan kesiapan menjadi guru. Uji validitas butir menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji validitas butir dan reliabilitas instrumen menggunakan program SPSS Versi 19. Uji prasyarat analisis terdiri atas uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi parsial dan regresi linier ganda. Taraf signifikansi analisis sebesar 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, ada hubungan yang positif dan signifikan antara soft skills dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2013 (r hitung = 0,806 > r tabel = 0,2681; p value = 0,000 < 0,05). Jika soft skills meningkat, maka kesiapan menjadi guru juga meningkat. Kedua, tidak ada hubungan positif antara prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) dengan kesiapan menjadi guru ( r hitung = 0,187 < r tabel = 0,2681; p value = 0,177 > 0,05). Terbukti secara ilmiah bahwa ketika prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) meningkat, maka tidak berpengaruh terhadap kesiapannya untuk menjadi guru. Ketiga, ada hubungan positif dan signifikan antara soft skills dan prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) secara bersama-sama dengan kesiapan menjadi guru (f hitung = 48,357 > f tabel = 3,18). Kata Kunci : soft skills, prestasi kompetensi kejuruan (hard skills), kesiapan menjadi guru ABSTRACT Nia Nur Aini. CORRELATION BETWEEN SOFT SKILLS AND ACHIEVEMENT VOCATIONAL SKILLS (HARD SKILLS) TO PREPAREDNESS TO BECOME TEACHERS OF THE STUDENTS OF THE STUDY PROGRAM OF MECHANICAL ENGINEERING EDUCATION OF THE CLASS OF 2013. Skripsi, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University Surakarta. July 2017. This study aims to acquire a good knowledge of (1) whether there is influence of soft skills with the readiness of a teacher education student of Mechanical Engineering, 2013; (2) whether there is influence achievement of vocational competencies (hard skills) with the readiness of a teacher education student of Mechanical Engineering, 2013; (3) whether there is influence of soft skills and vocational competence achievement (hard skills) with the readiness of a teacher education student of Mechanical Engineering in 2013. This type of research is a correlational research. The population of this research is the students of Mechanical Engineering Education FKIP UNS force of 2013 which amounted to 62 students. The sample size was determined by simple random sampling technique and the totaled 55 students. Collecting data using the method of documentation for performance variables vocational competencies (hard skills) and a questionnaire to the variable soft skills and readiness to be a teacher. Validity test of item using Pearson Product Moment formula and reliability test instrument using Alpha Cronbach formula. Grain validity test and instrument reliability test using SPSS Version 19 program. The prerequisite analysis test consists of normality test, linearity test, and multicolinearity test. Data analysis techniques use partial correlation and multiple linear regression. The level of significance of the analysis is 5%. The results are as follows. First, there is a positive and significant relationship between soft skills with the readiness of a teacher education student of Mechanical Engineering in 2013 (r count = 0,806> r table = 0.2681; p value = 0.000 <0.05). If soft skills increases, the readiness to become a teacher is also increasing. Secondly, there is no positive correlation between the achievement of vocational competencies (hard skills) with the readiness of a teacher (r count = 0.187 0.05). Scientifically proven that when the achievements of vocational competencies (hard skills) increases, so does not affect the readiness to become a teacher.Third, there is a positive and significant relationship between soft skills and vocational competence achievement (hard skills) together with a readiness to be a teacher (f count = 48.357> f table = 3.18). Keywords: soft skills, vocational competency achievement (hard skills), readiness become teachers

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 19:26
    Last Modified: 18 Dec 2017 19:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37572

    Actions (login required)

    View Item