PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MESIN FRAIS KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK MURNI 1 SURAKARTA

RAFIQI, MUHAMMAD (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MESIN FRAIS KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK MURNI 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1000Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Rafiqi. K2513092. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MESIN FRAIS KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK MURNI 1 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran mesin frais siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Murni 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI Teknik Permesinan yang berjumlah 25 siswa. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, tes, observasi, dan wawancara. Validitas data dengan mengkonsultasikan kepada guru mata pelajaran mesin frais. Data dianalis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik persentase dan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari sebelum padatindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mesin frais dapat dibuktikan pada pra siklus capaian ketuntasan hasil belajar sebesar 24%, meningkat menjadi 56%pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84% pada siklus II. Untuk afektif siswa, pada pra siklus persentase rata-rata sebesar 51,52% meningkat menjadi 64,78% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 76,66% pada siklus II. Pra siklus untuk psikomotor siswa persentase rata-rata sebesar 43,45% meningkat sebesar 60,48% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 77,11% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mesin frais kelas XI Teknik Permesinan SMK Murni 1 Surakarta Kata Kunci: hasil belajar, mesin frais, model kooperatif, Jigsaw.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 18:42
    Last Modified: 18 Dec 2017 18:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37569

    Actions (login required)

    View Item