SEANDAINYA ITU AKU (Sebuah Video Dokumenter tentang Orang dengan Gangguan Jiwa dan Komunikasi Terapeutik di Griya PMI Peduli Kota Surakarta)

ROHMAH, DEA (2017) SEANDAINYA ITU AKU (Sebuah Video Dokumenter tentang Orang dengan Gangguan Jiwa dan Komunikasi Terapeutik di Griya PMI Peduli Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (278Kb)

    Abstract

    Dea Rohmah, D0213030, Seandainya Itu Aku ( Sebuah Video Dokumenter tentang Orang dengan Gangguan Jiwa dan Komunikasi Terapeutik di Griya PMI Peduli Kota Surakarta), Tugas Akhir, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret, 2017. Manusia paling takut jika disebut sebagai pasien jiwa. Gangguan jiwa dianggap sebagai penyakit yang memalukan dan bahkan menjadi aib bagi masyarakat. Diskriminasi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap orang dengan gangguan jiwa membuat mereka diperlakukan tidak selayaknya manusia. Masih banyak kasus orang dengan gangguan jiwa dipasung, diikat, dan dikurung. Sering kali hal ini tejadi karena tidak berhasilnya komunikasi yang mereka lakukan. Padahal di sisi lain, komunikasi antara perawat dengan pasien gangguan jiwa membantu dalam penyembuhannya. Komunikasi terapeutik dilakukan atau dirancang untuk tujuan terapi. Seorang penolong atau perawat dapat membantu pasien mengatasi masalah yang dihadapinya melalui komunikasi. Tempat yang siap menampung orang dengan gangguan jiwa atau mental dengan sukarela. Salah satunya yang ada di Kota Solo adalah Griya PMI Peduli. Merawat orang dengan gangguan jiwa memerlukan pengorbanan dan juga kesabaran. Kita sebagai manusia seharusnya ingat jika penyakit gangguan jiwa dapat berlaku pada siapa saja. Bagaimana jika penyakit gangguan jiwa terjadi pada kita. Bisa juga kitalah yang menjadi sisi terdekat dengan orang-orang gangguan jiwa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 16:12
    Last Modified: 18 Dec 2017 16:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37528

    Actions (login required)

    View Item