PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA 2 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 NGEMPLAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

K, Berliana (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA 2 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 NGEMPLAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (696Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pelajaran 2016/2017 dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script pada materi pokok hidrolisis garam. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus dan disetiap siklus terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas merupakan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 36 siswa dan objek penelitian adalah kemampuan pemahaman membaca dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak. Sumber data penelitian berasal dari siswa dan pendidik di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak. Teknik pengumpulan data aspek sikap melalui observasi, angket, dan wawancara. Teknik pengumpulan data aspek kemampuan pemahaman membaca dan pengetahuan menggunakan tes. Penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak pada materi hidrolisis garam. Presentase ketercapaian kemampuan pemahaman membaca pada siklus I sebesar 85,71% dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 100%. Presentase ketercapaian prestasi belajar aspek pengetahuan pada siklus mencapai 39% dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 72,22%. Presentase ketercapaian aspek sikap (sikap, minat, nilai, konsep diri, dan moral) pada siklus I 88,89% menjadi 100%. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Cooperative Script, Kemampuan Pemahaman Membaca, dan Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 15:50
    Last Modified: 18 Dec 2017 15:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37518

    Actions (login required)

    View Item