PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN B-O-R-N BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI DI SMKN 2 KARANGANYAR

Leonardo, Julio (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN B-O-R-N BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI DI SMKN 2 KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (219Kb)

    Abstract

    Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran B-O-R-N berbasis moodle Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas X RPL A SMK Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2016/ 2017 dengan jumlah peserta didik 36 peserta didik.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, teknik wawancara, teknik tes online dan hasil diskusi kelompok. Untuk aspek yang diamati terdiri dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Membandingkan hasil pekerjaan peserta didik dengan menggunakan angka presentase. Hasil yang didapat sebagai berikut: 1) capaian aspek kognitif pada pratindakan 38,89% pada siklus I meningkat 52,79% dan kembali meningkat pada siklus II sebesar 77,78%. 2) capaian aspek afektif pada pratindakan = 19,44%, siklus I = 61,11%, dan siklus II = 86,11%. 3) capaian aspek psikomotorik pada pratindakan = 41,67%, siklus I = 69,44%, siklus II = 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran B-O-R-N berbantuan media moodle efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi pokok administrasi sistem operasi open source kelas X RPL A SMK Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2016/ 2017.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 18 Dec 2017 14:55
    Last Modified: 18 Dec 2017 14:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37507

    Actions (login required)

    View Item