PERBEDAAN PENGARUH ANTARA PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN PATOLOGI ( Studi di lakukan di DIII Kebidanan Universitas Muhammadiyah Surabaya)

Sukarsih, Rachmawati Ika (2010) PERBEDAAN PENGARUH ANTARA PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN PATOLOGI ( Studi di lakukan di DIII Kebidanan Universitas Muhammadiyah Surabaya). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1468Kb)

    Abstract

    Pendidikan merupakan elemen yang sangat penting untuk menciptakan sumber daya yang berkualitas, cerdas, damai, terbuka, demokratis dan mampu bersaing serta dapat meningkatkan kesejahteraan semua warga Negara Indonesia. Dengan sumber daya manusia yang bermutu diharapkan dapat menghadapi berbagai perubahan dan tantangan Globalisasi yang sedang dan akan terjadi, oleh karena itu program pendidikan hendaknya senantiasa di tinjau dan diperbaiki (Undang–Undang RI, 2006) Proses belajar merupakan proses perubahan seseorang yang dapat di nilai hasil dari perubahan yang telah di lakukan. Dalam proses belajar yang baik dibutuhkan suatu strategi pembelajaran yang tepat sehingga proses belajar dapat dikatakan berhasil dengan baik. Sejalan dengan laju perkembangan dan perubahan yang mempengaruhi pembangunan kesehatan di butuhkan tenaga kesehatan yang profesional yang dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai standart yang ada. Suatu profesi dapat di katakan profesional apabila telah menempuh pendidikan yang cukup untuk memenuhi kompetensi profesionalnya.Bidan sebagai tenaga kesehatan profesional di harapkan dapat membantu menurunkan angka kematian ibu secara cepat. Berdasarkan laporan menunjukkan bahwa Inquiry-based Learning memotivasi dan melibatkan para siswa dalam proses belajar dan meningkatkan 3 hasil pembelajaran, dan meskipun nilai ujian mungkin tidak meningkat, retensi dan sikap siswa dapat memperbaiki (Brown, 2004;Spronken-Smith 2008). Berkaitan dengan kondisi tersebut mata kuliah asuhan kebidanan patologi sangat penting dalam membentuk pola pikir secara kritis dan prilaku yang tanggap dalam menghadapi kondisi yang tidak di harapkan.Berdasarkan kondisi yang ada di Universitas Muhammdiyah Surabaya Prodi D III Kebidanan proses pembalajaran saat ini menggunakan pembelajaran ceramah. Metode pembelajaran tersebut membuat mahasiswa lebih tergantung pada dosen dan menganggap tidak dosen tidak ada proses belajar – mengajar. Selain itu mahasiswa tidak siap menerima pelajaran dan kurang akif selama proses belajar mengajar.Dari hasil eveluasi pembelajaran semester tiga tahun akademik 2009/ 2010 didapatkan hasil 64 % memiliki IP kurang dari 3,00 Strategi pembelajaran inkuiri merupakan metode pembelajaran yang mampu menggiatkan siswa untuk berpikir secara aktif dan kreatif di dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran inkuiri tidak hanya mengembangkan kemampuan intelektual tetapi seluruh potensi yang ada, termasuk pengembangan emosional dan pengembangan keterampilan. Dengan metode pembelajaran inkuiri akan melatih siswa berani mengemukakan pendapat dan menemukan sendiri pengetahuannya yang berguna untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Penggunaan metode pembelajaran inkuiri secara efisien dan efektif akan mengurangi monopoli guru dalam penguasaan jalannya proses pembelajaran, dan kebosanan siswa dalam menerima pelajaran akan berkurang ( Soewarso, 2000 : 127) . 4 Prestasi belajar merupakan ukuran tingkat keberhasilan penguasaan mahasiswa terhadap materi Asuhan kebidanan Patologi Kebidanan dalam kurun waktu tertentu yang diakhiri dengan test yang diadakan pada tengah semester ataupun akhir semester. Menyadari pentingnya metode dalam pembelajaran sangat penting maka di lakukan penelitian tentang perbedaan antara pembelajaran inkuiri dan pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar pada mata kuliah asuhan kebidanan patologi.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Yudha Adhitya
    Date Deposited: 14 Jul 2013 17:41
    Last Modified: 14 Jul 2013 17:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3747

    Actions (login required)

    View Item