Pengaruh Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah, dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional Pada Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah Tahun 2004-2013

Sulistyo P, Arinta (2017) Pengaruh Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah, dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional Pada Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah Tahun 2004-2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (53Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi pada Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah tahun 2004-2013. Variabel bebas terdiri dari: Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan Dana Alokasi Umum (DAU). Sedangkan variabel terikat yaitu Pertumbuhan Ekonomi (PE). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data panel dari tahun 2004-2013 Provinsi Jawa Tengah yang meliputi 29 kabupaten dan 6 kota. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data sekunder yang merupakan data panel dari tahun 2004 sampai dengan 2013. Data-data tersebut terdiri dari Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Pertumbuhan Ekonomi (PE), dan ditambah data pendukung Indeks Harga Konsumen (IHK). Metode pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan yang bersumber dari Badan Pusat Statistik. Metode penelitian ini menggunakan model analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa Belanja Modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi pada Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah, Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah, dan Dana Alokasi Umum (DAU) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. Kata Kunci: Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Harga Konsumen, Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 11:48
    Last Modified: 18 Dec 2017 11:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37465

    Actions (login required)

    View Item