Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X TGB-B SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017

Rusyda S, Ansheila (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X TGB-B SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1002Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui penerapan langkah-langkah yang tepat dalam upaya meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw melalui lesson study; (2) untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik siswa kelas X TGB-B SMK Negeri 2 Sukoharjo dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw melalui lesson study. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tahapan pada penelitian ini berupa perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB-B SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) diperoleh penerapan langkah-langkah dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw melalui lesson study secara tepat dengan fokus pada pemilihan kelompok expert teams yang dikombinasikan dengan penggunaan kertas mind maping dan penggunaan alat peraga serta video pada materi tertentu berhasil meningkatkan partisipasi siswa dan juga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw melalui lesson study pada siswa kelas X TGB-B SMK Negeri 2 Sukoharjo dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Mekanika Teknik. Siswa menjadi lebih berpartisipasi dalam bertanya, berpendapat, dan diskusi. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif mengalami peningkatan persentase ketuntasan dari pra siklus 30%, siklus I 64,71%, siklus II 79,41%, dan siklus III 82,35%. Pada ranah afektif 9 siswa sudah berpredikat Sangat Baik dan 20 siswa berpredikat Baik. Sedangkan pada ranah psikomotor mengalami peningkatan persentase ketuntasan dari pra siklus 26,67%, siklus I 61,76%, siklus II 79,41%, dan siklus III 85,29%. Kata kunci : Kooperatif Jigsaw, Lesson Study, Partisipasi, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 11:35
    Last Modified: 18 Dec 2017 11:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37459

    Actions (login required)

    View Item