Penambahan Instruksi pada Tahapan Regulation Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep

Dewanty, Alfina (2017) Penambahan Instruksi pada Tahapan Regulation Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1195Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Alfina Dewanty. K4313007. PENAMBAHAN INSTRUKSI PADA TAHAPAN REGULATION DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2017. Tujuan penelitian meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep dengan menambahkan instruksi pada tahap regulation discovery learning. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 11 peserta didik SMA laki-laki dan 25 peserta didik SMA perempuan. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes untuk mengukur skor concept map. Data yang diperoleh berupa skor concept map yang didukung jawaban dan catatan peserta didik. Uji validitas data dengan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor concept map peserta didik pada prasiklus mempunyai rentang 2,6%-9% dan rata-rata 5,7%, dengan 18 peserta didik diatas skor rata-rata. Skor concept map pada siklus I mempunyai rentang 6,2%-73,6% dan rata-rata 31%, dengan 16 peserta didik diatas skor rata-rata. Skor concept map pada siklus II mempunyai rentang 14,8-56,2% dan rata-rata 31,6%, dengan 21 peserta didik diatas skor rata-rata, dengan demikian penambahan instruksi pada tahapan regulation discovery learning meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep berdasar skor concept map peserta didik dari siklus I – siklus II. Kata kunci: instruksi, discovery learning, regulation, menemukan konsep, menghubungkan konsep.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 18 Dec 2017 11:00
    Last Modified: 18 Dec 2017 11:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37443

    Actions (login required)

    View Item